11.061 Rekening Baru Selama Kreasi Muda, Peringatan Hari Indonesia Menabung 2022

 11.061 rekening baru selama kreasi muda, peringatan hari indonesia menabung 2022

Penyerahan KEJAR Reward pada perbankan oleh Kepala Bagian Lembaga Jasa Keuangan KOJK Purwokerto, Enike Harina Prisianti (tengah), saat Puncak Kreasi Muda, Selasa (23/8) di KOJK Purwokerto.-Foto Laily Media Y/Radar Banyumas –

PURWOKERTO- Selama Juli sampai Agustus ini, sebanyak 11.061 rekening baru khusus pelajar, dengan nilai nominal Rp 1,8 miliar, termasuk rangkaian Hari Indonesia Menabung. Total pembukaan rekening pelajar tersebut merupakan akuisisi yang dilakukan 20 bank, baik BPR/S maupun bank umum. Terkumpul dari empat kabupaten di wilayah kerja Kantor Otoritas Jasa Keuangan (KOJK) Purwokerto, yaitu area eks Karesidenan Banyumas. 

Kepala Bagian Lembaga Jasa Keuangan KOJK Purwokerto, Enike Harina Pristianti mengatakan, tema Hari Indonesia Menabung tahun ini yaitu Kreasi Muda, diselenggarakan mulai Juli sampai Agustus. Puncaknya diadakan Selasa (23/8) di KOJK Purwokerto.

“Kreasi Muda ini untuk mendorong pelajar supaya gemar menabung sejak dini,” katanya.

Selain itu, ditujukan meningkatkan inklusi. Di mana 2024 mendatang ditarget sebesar 90 persen. Sedangkan saat ini baru mencapai 75 persen.

“Sekarang menggalakkan kegiatan seperti ini, untuk mencapai target,” imbuhnya.

Enike mengaharapkan, kegiatan ini bukan sekedar seremonial. Selanjutnya peran bapak dan ibu guru agar aktif mendampingi para siswa untuk gemar menabung. Selain itu, peran stakeholder lembaga jasa keuangan juga terus mendorong siswa memiliki rekening, dan meningkatkan simpanan.

“Itu untuk masa depan mereka juga,” ujarnya.

Sementara itu, rangkaian kegiatan lainnya pada Kreasi Muda 2022 berupa pemberian beasiswa pada pelajar oleh perbankan di wilayah kerja KOJK Purwokerto, dengan total Rp 63,3 juta.

Ada juga edukasi dan lomba Cepat Tepat dengan peserta 100 pelajar tingkat SMP, dari masing-masing kabupaten di wilayah kerja Purwokerto. Lalu ada lomba Mewarnai dan Menggambar Profesi tingkat SD, dilakukan secara virtual pada 17 Agustus yang diikuti 147 siswa SD/sederajat. Dan kuis melalui media sosial, terkait lembaga jasa keuangan sebagai salah satu bentuk edukasi keuangan.

Pada Puncak Kreasi Muda kemarin, juga diberikan hadiah pada perbankan untuk KEJAR Reward.

Enike mengharapkan, bisa mendukung tujuan keberhasilan Program KEJAR, yaitu mengoptimalkan potensi jumlah besar pelajar Indonesia agar dapat berkontribusi dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Dengan harapan kesejahteraan rakyat Indonesia akan meningkat. (rdr/ely)

Sumber: