12 Jam Diperiksa sebagai Tersangka, Roy Suryo Baru Ditanya 8 Pertanyaan

Jakarta

Roy Suryo telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di kasus postingan meme stupa Candi Borobudur. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu diperiksa selama 12 jam.

Roy Suryo diperiksa pada Jumat (22/7) sejak pukul 10.30 WIB. Pemeriksaan selesai pada pukul 22.20 WIB. Tim kuasa hukum Roy Suryo mengaku belum ada pertanyaan signifikan yang disampaikan penyidik dalam pemeriksaan perdana sebagai tersangka tersebut.

“Ya ada sekitar delapan pertanyaan ya,” kata salah satu pengacara Roy Suryo, Elza Syarief, saat dihubungi, Sabtu (23/7/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Elza, penyidik belum menanyakan perihal substansi kasus tersebut. Roy baru diperiksa soal identitas diri.

‘Masih awal-awal ya, masih identitas seperti itu-itu aja,” jelas Elza.

Roy Suryo Sempat Muntah-Pingsan

Elza mengakui Roy Suryo dalam keadaan tidak sehat saat menjalani pemeriksaan tersangka pada Jumat (22/7) kemarin. Mantan Menpora itu disebut mengalami kesulitan tidur selama tiga hari terakhir.

“Saya denger dari istri ya dia itu tiga hari mungkin mikir dia jadi tersangka ya, saya nggak tahu pikirannya apa ya. Pokoknya tiga hari nggak bisa tidur. Terus saya hibur-hibur dia, ajak makan segala macam, tapi kayaknya kurang nafsu,” katanya.

Roy Suryo pun sempat mengalami muntah-muntah ketika diperiksa di ruangan penyidik. Elza menyebut Roy Suryo juga sempat pingsan ketika menjalani proses pemeriksaan tersangka.

“(Ketika) di-BAP (berita acara pemeriksaan) saya pergi dulu kan ada lawyer banyak. Terus pas saya balik, dibilang Pak Roy-nya drop, sempat pingsan,” kata Elza.

“Ternyata mungkin nggak tidur atau apa, (Roy Suryo) muntah di ruang polisi,” tambahnya.

Meski begitu Elza mengapresiasi atas sikap dari penyidik subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya yang memeriksa Roy Suryo. Menurutnya, penyidik memperlakukan Roy dengan baik ketika kondisi kesehatannya menurun.

“Habis Magrib saya balik lagi nggak tahunya dia muntah-muntah, lalu dikasih tempat tidur. Baik ya saya melihat penyidiknya, instruksi dari direkturnya luar biasa baik, (Roy Suryo) dirawat bener,” terang Elza.

Roy Suryo Tidak Ditahan

Roy Suryo diketahui ditetapkan tersangka atas perannya menyebarkan meme stupa Candi Borobudur yang dimiripkan dengan wajah Presiden Joko Widodo. Dia lalu ditetapkan tersangka atas dugaan pelanggaran penodaan agama hingga ujaran kebencian.

Pasal yang disangkakan kepada Roy Suryo mulai Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE. Roy juga dijerat dengan Pasal 156 a KUHP soal penodaan agama dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana tentang hate speech.

Setelah 12 jam pemeriksaan kepada Roy Suryo pada Jumat (22/7), polisi memutuskan tidak menahan mantan Menpora tersebut.

“Tidak ditahan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/7/2022).

Zulpan mengatakan sejauh ini alasan pihaknya tidak melakukan penahanan karena mempertimbangkan kondisi kesehatan dari Roy Suryo

“Alasan dia sakit,” terang Zulpan.

Simak Video ‘Buntut Meme Stupa, Buat Roy Suryo Jadi Tersangka’:

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/mei)