120 SMA Ikuti Lomba Cepat Tepat Pramuka

120 sma ikuti lomba cepat tepat pramuka

PURWOKERTO – Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas menggelar Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP) Penegak Tingkat Kwarcab Banyumas, di Sanggar Bakti Pramuka pada Sabtu (5/3).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua I Bidang Binamuda Pujatno Agung. Dalam kegiatan tersebut, ambalan Garuda-Shima SMAN 2 Purwokerto berhasil menjadi jawara dan mengalahkan peserta dari seluruh SMA/SMK se Banyumas.

Agung dalam sambutannya berharap, agar kegiatan dapat dijadikan tempat untuk mewujudkan evaluasi pendidikan pramuka di pangkalan masing-masing. “Juara bukanlah satu-satunya tujuan lomba, yang terpenting adalah evaluasi kegiatan dimasing-masing gugus depan agar terus maju dan berkembang untuk itu jagalah sportivitas,” katanya.

Agung juga berpesan para juara jangan cepat puas diri, dan jadikan kegiatan sebagai semangat untuk terus maju. “Ini adalah sarana adik-adik untuk menemukan jadi diri menuju karakter diri yang baik,” tambahnya.

Ketua DKC, Ogi Supar Ghandi mengatakan, kegiatan diikuti 120 peserta dari SMA/SMK se Banyumas. “Pada babak penyisihan masing-masing peserta menyelesaikan 50 butir soal selama 60 menit. Enam tim putra dan enam tim putri yang mendapatkan nilai tertinggi, mengikuti babak final,” terangnya.

Ogi menambahkan, untuk materi lomba tentang pengetahuan kepramukaan, pengetahuan umum terkini, seperti UU Pramuka, keputusan kwarnas/kwarda, SKU/SKK, kepenegakan.

Hasil LCTP yakni untuk regu putra, juara 1 SMAN 2 Purwokerto, juara 2 SMKN 2 Purwokerto, dan juara 3 SMAN Jatilawang. Untuk regu putri, juara 1 SMAN 2 Purwokerto, juara 2 SMAN 1 Purwokerto, dan juara 3 SMAN Banyumas. (why)

Sumber: