13 Kali Terjadi Angin Ribut

13 kali terjadi angin ribut

Di Wilayah Banyumas Barat

PURWOKERTO – Selama dua bulan terakhir, bencana angin ribut kerap melanda beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Banyumas. Dari data yang ada, sebagian besar bencana angin ribut yang terjadi hingga awal Maret, berada di wilayah Banyumas bagian barat.

Setidaknya ada tujuh kecamatan yang dinilai rawan bencana angin ribut, seperti Kecamatan Rawalo, Kecamatan Wangon, Kecamatan Ajibarang, Kecamatan Jatilawang, Kecamatan Cilongok, Kecamatan Purwojati, dan Kecamatan Pekuncen.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyumas Suyanto mengatakan, beberapa kerugian material yang disebabkan angin ribut berupa rumah rusak dan pohon tumbang. Tidak hanya itu, jaringan listrik juga terpengaruh.

“Sejak Januari hingga awal Maret ini, tercatat 13 kali angin ribut melanda wilayah Banyumas,” katanya.

Dari data yang ada, awal Maret ini intensitas angin ribut dinilai cukup meningkat. Pasalnya, hingga Kamis (3/3), tercatat sudah 5 kali terjadi bencana angin ribut.

Dijelaskan, berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) puncak musim penghujan masih akan terjadi antara Februari sampai Maret. Untuk itu, BPBD terus mewaspadai kemungkinan bencana yang terjadi, baik longsor, banjir, hingga angin ribut.

Untuk penanganan, BPBD Banyumas sejauh ini sudah menyalurkan bantuan berupa material kepada sejumlah wilayah yang mengalami bencana. Adapun material yang disalurkan kepada korban, diantaranya berupa seng, paku, maupun kalsiboard.

“Material bantuan sifatnya hanya untuk kondisi darurat. Artinya hanya untuk penunjang sementara, bukan memperbaiki kondisi yang rusak akibat bencana,” katanya. (bay/sus)

Sumber: