17 Kades Banyumas Terpilih Dilantik 27 Desember

17 kades banyumas terpilih dilantik 27 desember

Terbanyak 3.437, Terendah 490 Suara

PURWOKERTO-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Banyumas yang diselenggarakan di 17 desa, Senin (18/12) kemarin, berlangsung aman dan tertib. Ribuan masyarakat telah menentukan calon pemimpin desanya masing-masing. Hasilnya, 17 kepala desa terpilih telah diserahkan ke Pemerintahan Desa Setda Banyumas untuk direkap.

“Alhamdulillah pelaksanaannya lancar dan tidak ada persoalan. Selesai rekapan sekitar jam 18.10,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Banyumas, Joko Setiono, kemarin.

pilkades penghitungan suara pilkades desa klahang sokaraja 18 12Penghitungan Suara Pilkades Desa Klahang Sokaraja (18-12). Secara keseluruhan pelaksanaan Pilkades di 17 Desa Kabupaten Banyumas berjalan aman.

Data yang dirilis Pemkab Banyumas, perolehan suara terbanyak untuk menjadi kepala desa berasal dari Desa Tunjung, Kecamatan Jatilawang. Kades terpilih bernama Sartim memperoleh 3.437 suara.

Sementara kades terpilih dengan suara paling sedikit di Kabupaten Banyumas yaitu Gunawan Sutriyono dari Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, 17 calon kepala desa terpilih itu tidak langsung dilantik di hari pemilihan. Namun akan dilantik pada tanggal 27 Desember mendatang. Pelantikan, kata dia akan dilakukan di Pendapa Si Panji oleh Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein.

Pilkades serentak ini dipantau langsung oleh Bupati Achmad Husein dan Wakil Bupati dr Budhi Setiawan, dan juga oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Srie Yono. Mereka melakukan pemantauan di beberapa kecamatan berbeda.

Desa pertama yang menjadi sasaran pantauan Wakil Bupati yakni Desa Cindaga di Kecamatan Kebasen, dilanjutkan dengan Desa Tunjung Kecamatan Jatilawang, Desa Kebanggan dan Datar di Kecamatan Sumbang, kemudian Desa Ledug Kecamatan Kembaran, dan terakhir Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja.

Wakil Bupati mengajak kepada para pemilih dan calon Kepala Desa untuk menghormti hasil demokrasi, siapapun pemenangnya.

“Karena yang terpilih hanya satu orang, saya minta kepada semua calon dan pendukung, untuk bersama-sama bersatu dan bersinergi untuk membangun desanya,” pesan Wakil Bupati.

Bupati Achmad Husein mengatakan, secara umum pelaksanaan Pilkades serentak berjalan aman dan lancar.

“Selesai pilkades ini saya berharap yang menang mau merangkul yang kalah, dan yang kalah mau bersikap legowo,” pesan Bupati.

Sementara Pantauan Radarmas di Desa Kebanggan Kecamatan Sumbang dimana jumlah pemilih sebanyak 3.109 orang, dan diikuti calon 2 Kepala Desa, pelaksanaan juga berjalan lancar. Meski dalam praktiknya tidak disertakan uang pengganti transport bagi para pemilih, namun pelaksanaan tetap berlangsung tertib dan aman.

“Alhamdulillah pelaksanaan aman dan tertib. Meski tidak ada uang transport pengganti, tapi masyarakat Kebanggan sangat antusias terhadap pemilihan kepada desa ini,” kata Ketua Panitia Pilkades Kebanggan, Warsito SPd.

Di tempat lain, Pantauan Radar Banyumas, sejumlah desa menarik perhatian warga dengan berbagai hiburan. Penyelenggara Pilkades Desa Sokaraja Tengah, membuat boot selfie untuk menarik warga pemilih. Warga pun dengan senang berselfie. Hal ini untuk menekan angka golput. Sementara di Klahang, Sokaraja, ada juga istana balon di tengah lapangan saat pencoblosan kemarin. Ramainya Pilkades dimanfaatkan para pedagang untuk mengais rezeki. (why/ttg)

Sumber: