2.529 Mahasiswa Unsoed Siap Mengabdi Melalui Program KKN

sibnews.info, Purwokerto – Sebanyak 2.529 Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mengikuti pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode Juli – Agustus 2022 di Hall LPPM Unsoed, Jumat (8/7/2022).

Tema KKN kali ini adalah “ Optimalisasi Potensi Desa dalam rangka  Penguatan Recovery Ekonomi Pasca Covid-19 “.  

Ketua LPPM Unsoed Prof. Dr. Rifda Naufalin, S.P., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam rangka ikut mendorong recovery ekonomi pedesaaan di era akhir pandemi Covid-19, Unsoed merasa terpanggil untuk berperan serta dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa. Peserta dan dosen pembimbing lapangan pada periode KKN Juli – Agustus 2022 ini yaitu 2.529 mahasiswa, jumlah DPL dari 12 Fakultas sejumlah 125.

Adapun rincian Per Fakultas Pertanian 352 mahasiswa, Fakultas Peternakan 114 mahasiswa, Fakultas Biologi 235 mahasiswa, Fakultas Ekonomi & Bisnis 57 mahasiswa, Fakultas Hukum 269 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik 343 mahasiwa, Fakultas Kedokteran 150 mahasiswa, Fakultas Teknik 247 mahasiswa, Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan  337 mahasiswa , Fakultas Ilmu Budaya 111 mahasiswa, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam 201 mahasiswa, Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan 113 mahasiswa.

“KKN akan dilaksanakan selama 35 hari, mulai tanggal 12 Juli 2022 sampai dengan 15 Agustus 2022. Lokasi pelaksanaan KKN meliputi Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Brebes, Kebumen, Cilacap, Purbalingga, dan Tegal. Ada 19 Kecamatan dan 248 Desa. Jenis KKN yang dilaksanakan pada periode ini adalah KKN Tematik Reguler (246 Desa), dan KKN MBKM (2 Desa),” ungkap Ketua LPPM dalam keterangan tertulis di unsoed.ac.id, dikutip Sabtu (9/7/2022).

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN pada periode ini memfokuskan diri pada bagaimana mahasiswa sebagai anak bangsa, bersama-sama masyarakat di desa, untuk memperkuat sekaligus mempercepat pemulihan kondisi ekonomi pasca Covid-19.

“Semangat yang diangkat adalah, mahasiswa Unsoed tidak boleh berfikir untuk semata-mata kemaslahatan dirinya sendiri. Mahasiswa Unsoed harus memiliki kepekaan untuk menjadi bagian dalam perubahan yang memampukan. Mahasiswa Unsoed harus  tetap dalam khittahnya, yakni sebagai yang senantiasa berkomitmen pada upaya mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di perdesaan dan melalui pengembangan potensi yang dimilikinya,” ungkap Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan Kuliah Kerja Nyata merupakan bentuk dari kepekaan yang dilandasi oleh ilmu pengetahuan.  Mahasiswa dapat merasakan denyut nadi kehidupan masyarakat,  sekaligus berpartisipasi dan menjawab permasalahan serta belajar bertanggungjawab secara sosial sebagai warganegara.  Rektor berpesan pesan, agar mahasiswa untuk selalu menaati protokol kesehatan. Selain itu, juga agar bersama-sama pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat, dalam mendukung dan mensukseskan upaya-upaya pengendalian dan penanggulangan pandemi.

“Seluruh bentuk peran yang saudara berikan adalah sebuah sikap akademik, sikap kemanusiaan  dan yang tidak kalah pentingnya adalah bentuk dari sikap bela negara,” pungkas Rektor.

 

(sumber unsoed.ac.id/editor F13)