23 Nama ASN Serang Terdaftar Jadi Anggota Parpol, Walkot: Harus Mundur

Serang

Wali Kota Serang Syafrudin merespons terkait adanya nama ASN Pemkot terdaftar sebagai anggota partai politik calon peserta Pemilu 2024. Temuan itu dari hasil verifikasi administrasi KPU Banten melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Itu kan namanya keinginan hati atau inisiatif sendiri, kan tidak diperintah dan nggak juga melarang,” kata Syafrudin saat ditanya wartawan di Serang, Rabu (24/8/2022).

Ia juga mengatakan bahwa itu adalah hak asasi. Tapi, kata dia, jika memang ASN aktif maka tentunya harus mengundurkan diri sebagai abdi negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Itu kan hak asasi hanya bisa menyarankan saja, harus mengundurkan diri,” ujarnya singkat.

Sebagaimana diketahui, KPU menemukan ada 23 ASN yang terdaftar sebagai anggota parpol. Temuan ini saat KPU mengecek KTA dan KTP yang diunggah partai di Sipol.

“Ada 23-an di Kota Serang, baru di Kota Serang, kabupaten kota lain belum ketemu lagi saat verifikasi administrasi,” kata Anggota KPU Banten Masudi.

KPU memberikan catatan bagi partai yang melampirkan anggotanya sebagai ASN. KPU memberikan formulir pengaduan apakah itu adalah pencatutan atau memang ASN yang sudah pensiun.

“Bisa jadi memang dicatut, tapi belum bisa dipastikan dicatut atau tidak, tapi faktanya nama-nama itu ada, PNS di Kota Serang, tersebar, ada beberapa partai jadi bukan numpuk di satu partai”tambahnya.

(bri/lir)