3000 Penumpang Bus Terminal Bulupitu Ke Kota Besar

3000 penumpang bus terminal bulupitu ke kota besar

Hanya Gunakan Bus Reguler
PURWOKERTO-Berbeda dari tahun lalu, pada libur Natal kali ini, penumpang bus di Terminal Bulupitu Purwokerto meningkat cukup signifikan. Hal itu dikarenakan, libur Natal kali ini berbarengan dengan libur sekolah. Disamping itu, tingkat kepercayaan masyarakat menggunakan bus kembali tinggi.

“Kenaikan sekitar 30 persen, baik dibandingkan hari biasa maupun Libur Natal tahun lalu. Pada hari biasa jumlah penumpang per hari sekitar 2.000 orang, sekarang 2.600 orang. Dan dibanding tahun lalu, penumpang bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) hanya 1.100 orang, sekarang mencapai 1.400 orang,” kata Koordinator Pelayanan Terminal Bus Buliputu, Hadi Suharto, Selasa (25/12).

3000 penumpang bus terminal bulupitu ke kota besar

Hadi mengatakan, masa angkutan libur Natal sejak tanggal 24-26 Desember kemarin. Sedangkan puncak arus mudik terjadi pada tanggal 24 Desember, dimana jumlah penumpang mencapai sekitar 3.000 orang. Adapun puncak arus balik, kata dia, diprediksi terjadi pada tanggal 26 Desember (kemarin).

“Hari ini (kemarin, red) puncak arus balik diperkirakan dari sini sekitar 3.000 penumpang untuk semua jurusan, terutama kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Jogja, Jakarta dan lainnya,” ujarnya.

Menurutnya peningkatan penumpang bus kali ini, juga berpengaruh terhadap libur sekolah yang waktunya bersamaan dengan libur natal. Disamping itu, juga adanya pembenahan sejumlah sarana dan prasarana bagi kendaraan, seperti penambahan AC dan pengecekan rutin tentang kelayakan armada.

“Sekarang sejak terminal dibenahi, animo masyarakat mulai tumbuh lagi. Pembenahan armada juga terus dilakukan, seperti semua bus diwajibkan menggunakan AC, fasilitas internet, per tempat duduk juga dilengkapi tv. Mulai tahun ini bertahap sudah mulai diterapkan, tujuannya agar pengguna jasa bus tidak bosan, meski di jalan banyak hambatan seperti kemacetan tetapi tetap merasa nyaman,” jelasnya.

Meski terjadi peningkatan, lebih lanjut Hadi mengatakan, sebanyak 20 bus tambahan yang dipersiapkan untuk libur natal kali ini belum digunakan. Hal ini karena jumlah penumpang bus masih cukup tertampung dengan bus reguler yang ada, yakni sebanyak 42 bus reguler.

Sementara itu, peningkatan penumpang pada libur natal ini juga dirasakan di sejumlah stasiun yang ada di Daop 5 Purwokerto. Dari data yang ada sampai dengan, Senin (25/12), jumlah penumpang kereta api (KA) naik di Daop 5 Purwokerto mencapai 16.304 orang. Sedangkan penumpang turun di Daop 5 Purwokerto sebanyak 15.852 orang.

“Untuk penumpang baik naik ataupun turun di Daop 5 sama-sama mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 23 persen,” kata Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko. (why)

Sumber: