5 Fakta Penemuan 1 Kontainer Senjata di Pelabuhan Panjang

Jakarta

Sebuah kontainer berisikan senjata ditemukan Bea Cukai di Pelabuhan Panjang, Lampung. Ternyata, senjata itu bakal digunakan untuk latihan bersama Garuda Shield di Pusat Pelatihan Tempur (Puslatpur).

detikcom, Senin (25/7/2022), merangkum sejumlah fakta yang sejauh ini diketahui tentang penemuan kontainer isi senjata itu. Berikut faktanya:

1. Berawal dari Pesan Berantai

Penemuan kontainer isi senjata ini diketahui publik setelah ramai pesan berantai mengenai Bea Cukai Pelabuhan Panjang Lampung yang menyegel 1 tricon container US Army berisi senjata yang tidak tercantum pada daftar izin impor sementara yang diajukan vendor PT JT Square.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Saat dikonfirmasi Kepala Humas Kantor Bea dan Cukai Bandar Lampung Herianto masih belum bisa memberikan keterangan atas penyegelan 1 tricon container US Army berisi senjata tersebut.

2. Kontainer Sempat Disegel

Kontainer sempat disegel oleh pihak pelabuhan. Sebab, senjata yang berada di dalam Tricon Container US Army itu tidak masuk dalam manifes kapal.

“Kontainer berisikan senjata barang tersebut tidak masuk dalam manifes kapal, seperti penumpang, barang bawaan, dan peralatan,” kata Supervisor Humas dan Pelayanan Pelanggan Pelindo II Panjang Lampung, Frans Rahardian.

Menurut dia, apabila kontainer senjata-senjata tersebut tidak ada manifesnya, terdapat sejumlah kemungkinan seperti melakukan administrasi ulang atau dipulangkan ke negara asalnya.

“Jadi, saya tekankan senjata-senjata hanya tidak ada manifesnya saja. Saat ini barang-barang sedang di urus oleh pihak TNI AD. Terkait dengan hasilnya bagaimana kami juga masih menunggu dari Korem,” ujar Frans.

Hal senada juga dikatakan Manajer HSSE Pelindo Regional II Panjang, Adhi Nugroho, mengatakan barang-barang yang tidak terdaftar di manifes tersebut masih disegel. Senjata itu belum bisa dibawa ke tempat pelatihan.

“Dalam rangka proses pengecekan, setelah dilakukan pengecekan baru bisa dikirim ke tempat pelatihan, dalam proses pengecekan ini barang-barang yang tidak ada di manifes ini disegel,” ujar Adhi saat dihubungi detikcom.

Simak Video: Panglima TNI Ungkap Kontainer Disegel Pelabuhan Panjang Berisi 618 Senjata

[Gambas:Video 20detik]