500 Kg Sampah Diangkut dari Gunung Gede Pangrango, Ada Celana Dalam

Jakarta

Relawan serta petugas gabungan menggelar operasi bersih (opsih) di Gunung Gede Pangrango. Alhasil, total sampah yang terangkut sebanyak hampir 500 kg atau setengah ton dan ditemukan adanya 10 celana dalam.

Volunter Gunung Gede Pangrango Niko Rastagil mengatakan penyisiran ini dilakukan hingga kawasan Alun-alun Suryakencana. Niko mengatakan di kawasan tersebut biasanya masih ditemukan para pendaki yang tidak bertanggung jawab.

“Kita sisir setiap jalur yang biasanya banyak sampah karena ulah para pendaki yang tidak bertanggung jawab. Termasuk di puncak dan kawasan Suryakencana,” kata Niko seperti dilansir detikJabar, Sabtu (6/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Iya, kami temukan lagi celana dalam dari kawasan Alun-alun Suryakencana. Ada juga yang ditemukan di jalur pendakian. Totalnya sekitar 10 celana dalam yang kita temukan,” kata dia.

Selanjutnya, Niko mengatakan penemuan celana dalam itu biasanya dibuang pendaki lantaran mengalami sakit perut. Dia menyebut sampah didominasi oleh plastik, yang didapat sebanyak 400 kilogram atau 140 karung.

“Iya, kita juga bersihkan dan angkut hampir setengah ton sampah, kebanyakan plastik. Sampah itu dibuang pendaki yang tidak bertanggung jawab. Padahal aturan sudah jelas, sampah yang dibawa ke atas harus dibawa lagi ke bawah,” sambungnya.

Baca selengkapnya di sini.

Lihat juga Video: Nongkrong di CFW Juga Harus Jaga Kebersihan Lingkungan Ya!

[Gambas:Video 20detik]

(azh/jbr)