7 Fakta Roy Suryo Tersangka Kasus Meme Stupa

Jakarta

Urusan postingan Roy Suryo di akun media sosial berbuntut panjang. Cuitan Roy Suryo yang menyertakan meme stupa Candi Borobudur membuatnya menjadi tersangka.

Rekomendasi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) agar penyidikan terhadap Roy Suryo tak mempengaruhi penyidik. Roy Suryo tetap menjadi tersangka di kasus meme stupa.

Kasus ini bermula dari cuitan Roy Suryo di aku Twitter @KRMTRoySuryo2 beberapa waktu lalu. Roy Suryo saat itu memposting meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yg ikonik di Borobuduru itu, LUCU, he-3x AMBYAR,” demikian cuitan Roy Suryo.

Roy Suryo buru-buru menghapus cuitannya itu dan meminta maaf setelah mendapat banyak kritikan. Tak berhenti di situ saja, Roy Suryo juga mengambil langkah melaporkan akun lain–yang menurutnya–pertama kali memposting meme stupa.

Di sisi lain, perwakilan umat Buddha juga melaporkannya ke polisi. Polisi menyatakan postingan Roy Suryo mengandung unsur pidana hingga ia ditetapkan sebagai tersangka. Berikut fakta-fakta Roy Suryo jadi tersangka kasus meme stupa yang dirangkum detikcom sebagai berikut:

Roy Suryo Jadi Tersangka

Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka di kasus postingan meme stupa Candi Borobudur. Penetapan tersangka Roy Suryo ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

“Iya sudah (jadi tersangka),” ujar Kombes Zulpan saat dihubungi wartawan, Jumat (22/7/2022).

Roy Suryo juga telah diperiksa sebagai tersangka pada Jumat (22/7) siang kemarin. Pemeriksaan Roy Suryo berlangsung selama hampir 12 jam.

Baca di halaman selanjutnya: jeratan pidana bagi Roy Suryo.