Akses Susukan-Purbalingga Putus

akses susukan-purbalingga putus

foto aPURWOKERTO – Jalur yang menghubungkan batas kabupaten di Desa Susukan Kecamatan Sumbang putus. Hal itu dikeluhkan masyarakat, karena merupakan jalur alternatif yang biasa digunakan warga dalam melakukan aktivitas.

Warga berharap pemkab segera memperbaiki agar aktivitas masyarakat kembali normal.

Salah satu warga, Dimas mengatakan, kondisi jalan sudah tidak mungkin dilalui kendaraan roda empat. Hampir seluruh ruas jalan ambles dan tidak bisa dilalui. “Paling hanya motor yang bisa lewat. Itupun harus hati-hati karena jalannya sangat sempit,” katanya.

Kades Susukan, Dwi Rintasari mengatakan, pihaknya sudah melapor ke dinas terkait dan berharap segera ada tindak lanjut. Diakui, jalur tersebut menjadi jalur yang biasa digunakan sebagai penghubung aktivitas warga, baik dari aktivitas ekonomi, pendidikan, kesehatan, hingga sosial.

“Karena itu masuk jalan kabupaten, jadi itu kita laporkan ke pemkab. Tadi saya sudah melapor,” katanya kemarin.

Dikatakan, dari laporan warga, kondisi tersebut sudah terjadi sejak dua hari lalu. Awalnya jalan hanya ambles sekitar satu meter. Namun saat ini makin bertambah ambles.

Dari pantauan Radarmas, jalan sudah kehilangan fungsinya. Tidak hanya itu, sampai saat ini belum diketahui penyebab amblesnya jalan. Dugaan sementara, karena intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga derasnya aliran air menggerus tanah yang ada di bawah jalan. Sebab terdapat saluran air di bawah jalan ambles tersebut.

Terpisah, Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas SDABM Kabupaten Banyumas Achmad Taufik mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pengecekan kondisi jalan di lapangan. Hal itu dilakukan untuk menentukan penanganan yang akan dilakukan. “Kita baru dilapori tadi, jadi paling nanti akan dicek dulu,” ujarnya. (bay/sus)

Sumber: