Anggaran Akses Linggamas Nol

anggaran akses linggamas nol

PURWOKERTO – Jembatan Linggamas dinilai belum mampu menunjang operasional Bandara Wirasaba. Pasalnya, akses menuju jembatan masih belum optimal. Khususnya untuk akses yang berada di wilayah Kabupaten Banyumas.

Sampai saat ini pengembangan akses menuju Linggamas masih belum bisa direalisasikan. Bahkan tahun ini Pemkab Banyumas belum mengalokasikan anggaran untuk pengembangan akses tersebut.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) Kabupaten Banyumas Irawadi menjelaskan, saat ini belum ada alokasi anggaran untuk pengembangan akses Linggamas. Berdasarkan rencana yang ada, pengembangan akses nantinya akan dilakukan melalui wilayah Kalibagor.

“Tahun ini belum ada alokasi anggarannya. Namun jika dinilai mendesak, akan diupayakan pada perubahan anggaran,” katanya.

Dikatakan, untuk pengembangan akses masih terkendala lahan. Menurutnya, perlu ada proses pembebasan lahan sebelum melakukan pekerjaan fisik pelebaran jalan. Sehingga membutuhkan alokasi anggaran yang tidak sedikit.

“Kalau memungkinkan perubahan anggaran nanti kita upayakan pembebasan lahan secara bertahap, tergantung kekuatan APBD,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, tahun lalu Pemkab Banyumas sudah melakukan peningkatan dan pelebaran jalan di wilayah tersebut. Yaitu paket hotmix jalan Kalianja-Sokaraja, serta paket pelebaran dan peningkatan jalan di ruas jalan sepanjang 300 meter.

Irawadi menjelaskan, saat ini kondisi jalan masih cukup baik bahkan sudah bisa dilalui kendaraan yang berpapasan. Sehingga masih bisa menggunakan jalur Sokaraja-Kalianja, sebelum adanya pengembangan akses tersebut.

“Kalau nanti belum memadai, sementara akan tetap menggunakan jalur utama Purwokerto-Purbalingga,” jelasnya. (bay/sus)

Sumber: