Anggota DPR F-Gerindra Juga Dorong Evaluasi Penasihat Ahli Kapolri

Jakarta

Anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra Habiburokhman berbicara soal jabatan penasihat ahli Kapolri yang belakangan disoroti karena heboh Fahmi Alamsyah dalam kasus Irjen Ferdy Sambo. Habiburokhman meminta keberadaan penasihat ahli Kapolri dari unsur eksternal perlu dievaluasi.

“Secara umum keberadaan penasihat ahli dari unsur eksternal harus dievaluasi apakah masih diperlukan,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (25/8/2022).

Habiburokhman mendorong agar Polri memaksimalkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di kalangan internal untuk menduduki jabatan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Apakah tidak lebih baik Polri memaksimalkan SDM internal untuk menjadi penasihat ahli,” imbuhnya.

Habiburokhman pun menyinggung penasihat ahli Kapolri Fahmi Alamsyah yang belakangan diduga terlibat di kasus Sambo. Habiburokhman meminta peran Fahmi didalami apakah turut menyusun skenario yang menghalangi penyidikan (obstruction of justice).

“Ya saya tahu Saudara Fahmi sudah jadi penasihat ahli sebelum Pak Sigit jadi Kapolri. Secara de facto, orang itu bergerak sendiri saat berkoordinasi dengan Ferdy Sambo,” ujar Waketum Gerindra itu.

“Perlu didalami apakah dia ikut menyusun skenario obstruction of justice atau hanya mendengar informasi dari Sambo dan menuliskannya,” imbuhnya.

Heboh Fahmi Alamsyah

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Sigit Prabowo buka-bukaan terkait mantan penasihat Kapolri Fahmi Alamsyah saat dicecar oleh beberapa anggota Komisi III DPR RI dalam rapat kerja, Rabu (24/8) kemarin. Ternyata Sigit mengungkap bahwa Fahmi Alamsyah lebih banyak bersama Irjen Ferdy Sambo.

“Dalam kesehariannya, saya tidak pernah ketemu dengan yang bersangkutan karena memang yang bersangkutan sehari-harinya lebih banyak bersama dengan Ferdy Sambo,” kata Kapolri dalam rapat bersama Komisi III DPR RI, Senin (24/8).

Jenderal Sigit menyatakan Fahmi Alamsyah memang pernah menjabat penasihat ahli Kapolri. Namun, kata Sigit, Fahmi sudah diangkat dalam pekerjaan itu oleh Kapolri sebelum dirinya.

“Saudara Fahmi itu memang betul dia penasihat ahli Kapolri, Pak, diangkat pada saat Kapolri sebelum saya,” ujarnya.

Kapolri menyatakan telah meminta tim mendalami keterlibatan Fahmi Alamsyah dalam kasus Ferdy Sambo. Jika ada bukti, Kapolri menegaskan siap memproses Fahmi Alamsyah.

“Sehingga tentunya terkait kegiatan-kegiatan Fahmi, ya, khususnya apabila memang ada kaitannya dengan penyusunan skenario ini sudah saya perintahkan kepada tim untuk mendalami dan kami akan proses, Pak, kalau emang kami temukan,” katanya.

(fca/gbr)