Anies Minta Rusun Baru di Jakarta Dilengkapi Lantai Mezanin

Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan instruksi kepada jajarannya menyusun panduan ketinggian lantai plafon susun (rusun). Sehingga, nantinya setiap unit rusun bisa dilengkapi dengan lantai mezanin.

Hal ini disampaikan Anies saat meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Jalan Kavling DPR, Kampung Pulo Jahe, Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, pada Kamis (25/8/2022). Anies menjelaskan lantai mezanin dibangun di dalam unit kampung susun yang hanya memiliki luas 36 meter persegi.

“Hari ini ada 75 unit hunian, 4 aula, ada kios dan yang membuat unit adalah rancangannya. Ini juga salah satu perjalanan pengalaman dari pandemi, ketika 36 meter persegi tidak dirancang sebagai satu ruang pendek, tapi ditinggikan dan diadakan mezanin,” kata Anies, Kamis (25/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Anies lantas meminta Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko membuat panduan penyusunan rusun di Jakarta. Panduan itu harus menyertakan ketentuan ketinggian plafon langit sehingga bisa dibangun lantai mezanin.

“Saya rasa ini perlu jadi panduan penyusunan rusun di Jakarta bahwa bukan hanya ukuran 36 meter persegi, tapi tingginya juga ditetapkan. Biasanya kita hanya panjang-lebar, tapi tingginya dimungkinkan ada mezanin,” jelasnya.

“Jadi Pak kadis, kalau perlu, dibuatkan pergub, buatkan pergub. Kalau cukup SK Kadis, siapkan SK Kadis. Semua rumah baru di Jakarta harus bisa punya mezanin di dalamnya,” sambungnya.

Dengan begitu, kata Anies, panduan ini bisa digunakan ketika menyusun anggaran pembangunan rusun. Pasalnya, ketinggian plafon mempengaruhi besaran biaya pembangunan.

“Jadi, ketika menyusun anggaran, satuan biayanya sudah diterapkan dengan asumsi tersebut karena memang ada peningkatan biaya karena ketinggian lebih tinggi,” tandasnya.

Lihat juga video ‘Jokowi: Rusun Pasar Rumput Bisa Tampung Warga Terdampak Normalisasi’:

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/idn)