Anies soal Pagar Pembatas Penonton JIS Roboh: Semangat Jakmania Luar Biasa

Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara terkait robohnya pagar besi di tribun bagian suporter Persija, The Jakmania di Jakarta International Stadium (JIS). Anies mengatakan insiden itu terjadi karena tingginya semangat Jakmania mendukung Persija dalam laga melawan Chonburi FC.

“Kemudian soal pagar saya rasa semangatnya luar biasa tinggi dan ini kali pertama digunakan,” kata Anies saat press conference di JIS, Jakarta Utara, Minggu (24/7/2022).

Anies menyebut peristiwa ini sebagai bagian dari proses pembelajaran, terutama dalam menghadapi tantangan di masa mendatang. Dia lantas mengibaratkan kejadian tersebut dengan pertumbuhan gigi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kalau analoginya ini growing pain, growing pain itu gigih tumbuh kalau gigi tumbuh itu dokter tidak akan bilang itu penyakit, tapi proses alami sebuah pertumbuhan,” ujarnya.

“Sama seperti ini bagian dari proses alami, kita tumbuh bersama digunakan lalu ada feedback ada perbaikan lalu insyaallah nanti akan bisa terpenuhi yang menjadi kebutuhan,” sambungnya.

Senada dengan Anies, Ketua Umum The Jakmania Dicky Sumarno mengaku bersyukur kejadian pagar roboh itu tak terjadi saat liga 1 berlangsung. Pasalnya, jika itu terjadi di momen liga maka klub yang memilik julukan Macan Kemayoran itu bakal kena sanksi.

“Untung pas grand launching, bukan pas liga mulai, kalau nggak Persija sudah didenda,” ucapnya.

Dicky juga menjamin insiden itu bukan disebabkan ulah rombongan The Jakmania liar atau Rojali. Menurutnya, suporter sepak bola memiliki energi yang lebih besar dibandingkan penonton pada umumnya.

“Karena karakter nonton bola beda ya sama masyarakat umum. Kita bisa 100 kali lipat energinya buat nonton. Saya harap ini pembelajaran bagus,” katanya.