April, Bantuan RTLH Cair

april, bantuan rtlh cair

kemiskinanHanya 1.500 yang Dapat

PURWOKERTO – Pemkab BAnyumas masih melakukan pendataan terhadap 3.000 usulan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang lolos verifikasi. Hal itu dilakukan untuk menyusun prioritas rumah yang akan diberi bantuan. Berdasarkan keputusan Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah (TPAD), hanya 1.500 unit rumah yang akan dapat bantuan pada APBD Induk 2016.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (Bapermas PKB) Kabupaten Banyumas, Taefur Arafat mengatakan, bantuan rencananya akan diberikan April mendatang. Saat ini proses pencairan dana bantuan RTLH masih tahap klasifikasi pemohon. Hal itu untuk memetakan pemohon yang perlu didahulukan.

“Prosesnya baru sampai perangkingan. Baik perangkingan waktu masuknya proposal permohonan dan kondisi kerusakan rumah,” katanya Jumat (26/2).

Menurutnya, jika angka tidak berubah dari pengajuan yang diajukannya pada DPPKAD, proses bisa lebih cepat. Untuk itu, pihaknya perlu merekap dan mengklasifikasikannya kembali agar tepat sasaran.

“Kami harus melewati rangkaian yang panjang untuk sampai pada penyaluran dana. Direncanakan untuk tahap penyaluran dimulai bulan April,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, pengajuan permohonan RTLH yang masuk Bapermas PKB mencapai 6 ribu rumah. Namun setelah diverifikasi, yang layak menerima hanya 3 ribu unit rumah.

“Karena kuotanya terbatas, pemohon yang sudah lolos verifikasi dan belum mendapat bantuan atau hibah pada anggaran ini akan kami ajukan pada anggaran perubahan. Kalau tetap tidak bisa, akan kami ajukan pada anggaran baru tahun depan,” tuturnya. (why/sus)

Sumber: