Australia Terkini: Lagi-lagi Ditemukan Sampah Luar Angkasa dari SpaceX

Salam dari Australia! Dinamika kehidupan di Australia tidak kalah menarik dengan di Indonesia, termasuk urusan politik atau masalah kejahatan.

Berikut rangkuman sejumlah kejadian yang menjadi berita utama di Australia untuk hari ini, Selasa, 23 Agustus 2022.

Penyitaan narkoba jenis fentanyl terbesar di Melbourne

Kepolisian Federal Australia (AFP) menyita 11 kilogram fentanyl di Melbourne yang disembunyikan di dalam sebuah mesin dari Kanada. Fentanyl adalah bahan narkoba yang dibuat di laboratorium, biasanya dicampur dengan heroin dan menyebabkan ribuan kematian.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ini menjadi fentanyl dengan jumlah terbesar yang pernah disita oleh AFP dan Pasukan Perbatasan Australia (ABF), selain juga 30 kilogram methamphetamine. Semuanya disimpan dalam mesin yang biasanya dipakai dalam pengolahan kayu dan metal dan tiba di Melbourne tahun lalu.

Selain karena jumlahnya yang banyak, penemuan ini menjadi sorotan karena dampaknya.

“Fentanyl ini bisa memberikan dampak serius untuk sistem pernapasan kita,” kata Sam Biondo dari Asosiasi Alkohol dan Narkoba Victoria.

“Sekitar 60 ribu orang meninggal di tahun 2020 di Amerika Serikat dan 21 orang meninggal setiap harinya di Kanada karena fentanyl dan jika mewabah di Australia, kita akan mengalami masalah besar,” tambah Sam.

Kelanjutan soal rangkap jabatan mantan perdana menteri

Masih ingat soal mantan perdana menteri Australia yang ketahuan merangkap beberapa jabatan menteri saat ia berkuasa?

Setidaknya ia mengangkat dirinya sendiri di lima kementerian, termasuk di departemen sumber daya.

Hari ini (23/08), Jaksa Agung Australia, Stephen Donahue mengatakan pengangkatan dirinya di departemen tersebut secara hukum bisa diterima.

Namun tidak memberitahu menteri sumber daya soal pengangkatan dirinya, juga tidak memberi tahu parlemen dan publik, menjadi bertentangan dengan prinsip pemerintahan yang bertanggung jawab.

Jadi apa yang akan dilakukan PM Australia, Anthony Albanese? Ia mengatakan akan dibentuk tim penyelidikan.

Lagi-lagi ditemukan sampah SpaceX

Sampah luar angkasa dari puing pesawat SpaceX ditemukan dekat Tumbarumba, negara bagian New South Wales oleh peternak bernama John Hobbs saat ia sedang memberi makan ternaknya.

Ini menjadi puing-puing keempat yang ditemukan di Australia sejak bulan Juli, yang kebetulan juga sejumlah warga mendengar suara dentuman yang keras.

Bulan ini, Badan Antariksa Australia sudah mengonfirmasi jika potongan-potongan yang ditemukan sejauh ini adalah dari pesawat luar angkasa SpaceX, yang perusahaannya dimiliki oleh Elon Musk.

SpaceX juga membuat pernyataan publik pertamanya tentang penemuan ini dan mengatakan tim-nya akan mengunjungi Australia untuk memeriksa puing-puing secara langsung.

Kereta terlambat juga dialami warga di Sydney

Mereka yang menggunakan transportasi umum di Sydney jadi harus lebih bersabar karena makin banyak jadwal kereta yang terlambat minggu ini.

Kenapa ini bisa terjadi? Serikat pekerja kereta, bis, dan tram di Sydney mengatakan mereka tidak ingin mengoperasikan kereta yang tidak memenuhi standar minimum perawatan.

Aksi industri transportasi umum ini sebenarnya sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu sejak ada kekhawatiran seputar keselamatan kereta yang baru.

Serikat percaya jika akan potensi negosiasi dengan pihak-pihak terkait, tapi tetap banyak warga Sydney frustrasi akibat keterlambatan jadwal kereta.

Ada nasi bungkus di Australia

Dan rangkuman berita dari Australia hari ini kami tutup dengan nasi bungkus yang terus digemari di Australia.

Mariah Papadopoulos dari ABC Indonesia mencoba datang ke beberapa restoran Indonesia di Melbourne untuk cari tahu kenapa mereka mulai menjual nasi bungkus.

Jangan lupa tonton videonya di halaman Facebook kami!

Simak juga ‘Penampakan Paus Bungkuk di Lepas Pantai Sydney’:

[Gambas:Video 20detik]