Baim Wong Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week, Wagub DKI: Itu Milik Publik

Jakarta

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi pendaftaran merek Citayam Fashion Week (CFW) ke Kementerian Hukum dan HAM oleh PT Tiger Wong, perusahaan milik artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven. Riza menyebut Citayam Fashion Week milik publik.

“Iya itu kan silakan saja Baim Wong, cuma itu kan milik publik,” kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (25/7/2022).

Riza kemudian menjelaskan kawasan Dukuh Atas, Jalan Teluk Betung, yang sering digunakan para remaja untuk menggelar Citayam Fashion Week. Dia menyebut jalan itu juga ruang publik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Jalan itu milik publik, milik pemerintah, ada jalan pemerintah pusat, jalan pemprov, ada jalan kabupaten/kota, ada jalan desa, jalan kompleks, jalan perumahan, jalan kampung, macam-macam ya. Kalau CFW didaftarkan sebagai HAKI oleh Baim Wong ya, itu punya publik,” ujar Riza.

Riza menilai Citayam Fashion Week tidak bisa diklaim oleh pihak tertentu.

“Ya kan nggak bisa main klaim ya, jadi kita jangan klaim itu. Citayam Fashion Week itu milik semua, milik anak-anak kita. Tempat itu ruang publik ya, bukan milik pemprov, tapi milik warga, bahkan bukan hanya warga Jakarta, semua warga siapa saja di kota sekitar, bahkan warga di Indonesia, bahkan orang asing saja boleh ke situ ya,” sambungnya.

Sebelumnya, permohonan PT Tiger Wong tersebut teregistrasi dengan nomor JID2022052181. Permohonan itu diterima PSDKI Kemenkumham pada 20 Juli 2022.

Citayam Fashion Week yang diajukan PT Tiger Wong diterima pada 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052181. Citayam Fashion Week, dalam permohonan perusahaan Baim Wong, disebut sebagai hiburan dalam peragaan busana hingga podcast.

Citayam Fashion Week, yang didaftarkan perusahaan Baim Wong, juga akan menjadi layanan penyedia video online yang tidak dapat diunduh di bidang mode, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan.

Selain PT Tiger Wong, seseorang yang bernama Indigo Aditya Nugrho mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. Permohonan itu tertera dengan nomor JID2022052496.

Baim Wong pun memberi penjelasan. Dia memastikan pendaftaran ini semata-mata agar Citayam Fashion Week menjadi ajang yang legal.

“Citayam Fashion Week ini bukan milik saya. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat tren ini menjadi wadah yang legal dan nggak musiman. Dan yang paling penting bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia,” ujar Baim Wong melalui Instagram pribadinya, Senin (25/7/2022).

Baim mengatakan keinginan dia mendaftarkan Citayam Fashion Week ini karena istrinya mengerti dunia fashion. Jadi dia tergerak ingin menjadikan Citayam Fashion Week dikenal.

“Kenapa saya tergerak? Berawal semua ini karena istri saya. Karena dia mengerti dunia fashion, dan dia melihat Citayam Fashion Week ini adalah gerakan di mana orang-orang yang sudah mempedulikan fashion. Dan ternyata di Indonesia, fashion itu nggak harus mahal, dan mereka bangga memakainya. Kebanggaan itu adalah achievement yang penting dan itu harus dibudayakan,” katanya.

Simak Video: Zebra Cross Dipakai Catwalk Citayam Fashion Week, Ada Sanksinya?

[Gambas:Video 20detik]

(nhd/idn)