Bangkitkan Seni Dagelan, Pemkab Banyumas Gelar Lomba Peang-Penjol

sibnews.info, Banyumas – Pemerintah Kabupaten Banyumas mengadakan lomba video seni dagelan (lawak) Banyumasan Peang-Penjol dengan total hadiah sebesar Rp15.000.000. Lomba tersebut digelar untuk membangkitkan kembali seni dagelan Banyumas yang berkualitas.

Melansir  Instagram Bupati Banyumas @ir_achmadhusein, Jumat (22/7/2022), syarat lomba lawak ini yaitu:

  1. Terdiri dari dua orang yg berdialog dimana isinya mengandung saran, tutur, cerita dan lain sebagainya yg bermanfaat dan berfaedah, berbobot , membawa dampak positif dalam kehidupan namun lucu, menyenangkan dan menyegarkan.
  2. Tidak boleh mengandung unsur SARA.
  3. Bahasa boleh Banyumasan atau Indonesia atau campuran Indonesia dan Banyumas.
  4. Menyertakan teks tertulis dan berbahasa Indonesia

Adapun pengumuman pemenang akan dilaksanakan saat acara malam kesenian HUT RI.

Untuk syarat, ketentuan dan informasi lainnya bisa di akses di tautan ini : bit.ly/LombaPeangPenjol

Melansir Kompas.com, Seni Dagelan pernah mengalami masa keemasan pada sekitar tahun 1990. Saat itu di Banyumas terdapat satu grup Dagelan yang cukup melegenda. Grup lawak ini bernama Peang-Penjol dan Suliyah. Dalam banyolan atau lawakannya tokoh Peang-Penjol dan Suliyah ini sebenarnya tengah memainkan karakter wong Banyumas asli. Karakter yang juga melekat pada tokoh Bawor sebagai ikon masyarakat Banyumas yang biasa muncul dalam seni Pakeliran Banyumasan.

Berbagai isu sosial yang terjadi saat itu diramu dan ditanggapi secara cablaka dalam perspektif wong Banyumas. Yang timbul kemudian adalah bukan sekadar kelucuan, tetapi di dalamnya terkandung wacana kritis, pendidikan moral, dan nilai-nilai kearifan lokal.

(F13)