Bangunan Tower Telekomunikasi di Kalibagor Diduga Tak Berizin

sibnews.info, Banyumas  – Sebuah bangunan tower jaringan komunikasi selular (BTS) telah selesai didirikan rangkaian besi dan pagarnya, hanya tinggal memasang perangkat untuk jaringan XL.

Namun saat awak media sibnews.info pada Selasa (2/8/2022) ke area sekeliling pagar berdirinya tower tidak terlihat adanya plakat informasi perijinan pendirian.

Dari plat informasi yang terpasang di dalam pagar menara tower tertulis informasi bahwa Tower tersebut milik PT Tower Bersama Grup (TBG) dengan set di RT 04 RW 004 grumbul Kali Gebang Desa Kaliori Kecamatan Kalibagor dengan Ketinggian 52 meter, yang dikerjakan oleh Kontraktor PT BMI.

whatsapp image 2022 08 03 at 14.17.54

Saat awak media menanyakan ke pemilik lahan, disebutkan bahwa perwakilan PT dibagian Sitack bernama Ismet.

Dari warga Masyarakat sekitar awak media fokus Banyumas mendapatkan informasi bahwa ada pemilik tanah lahan yang tidak terlalu jauh dari berdirinya menara Tower tidak mendapat uang tali asih dari Sitack pencari lahan untuk dimintai tanda tangan persyaratan perijinan sedangkan yang lokasinya lebih jauh ternyata justru mendapatkan.

Ketika warga yang tidak dimintai tanda tangan tersebut berusaha menanyakan ke pihak PT bagian Sitack maupun ke RT dan Kadus justru saling lempar untuk menjelaskan.

Ismet yang merupakan perwakilan PT TBG bagian Sitack ketika di hubungi lewat nomor WA tidak menjawab.

Sarip selaku kepala Dusun wilayah tersebut yang ikut dalam pengkondisian warga menjelaskan tidak tau ada warga yang merasa belum mendapatkan tali asih permintaan tanda tangan.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyumas Amrin Ma’ruf saat di hubungi awak media fokusbanyumas lewat WA menjelaskan bahwa belum tahu status Perijinan Bangunan Gedung tentang Tower milik PT TBG yang ada di Desa Kaliori kalibagor, dan minta dikirimkan photo menara tower yang baru saja didirikan di Kaliori Kalibagor dan mengatakan akan segera meneliti berkasnya sudah ada perijinannya atau belum.

(F28)