Banjir di Wangon Akibatkan Puluhan Rumah Rusak dan Jembatan Ambrol

sibnews.info, Banyumas – Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah di Banyumas, Jumat dini hari (18/3/2022) mengakibatkan banjir bandang yang membuat kerusakan parah dibeberapa tempat.

Di desa Pengadegan, Kecamatan Wangon terjadi banjir bandang yang menyebabkan puluhan rumah rusak dan puluhan ternak hilang. Selain itu, jembatan di Desa Pengadegan putus akibat terjangan banjir.

Sementara di Desa Rawaheng, Kecamatan Wangon, Sungai Menggala juga meluap sehingga menyebabkan material lumpur masuk ke rumah warga.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Gatot Eprie mengatakan, kedua desa itu yaitu Rawaheng dan Pengadegan.

“Kejadian saat hujan tadi malam pukul 01.00 WIB itu bukan karena luapan sungai, tapi karena daerah bukti, material dari atas terbawa banjir,” kata Gatot, kepada wartawan, Jumat (13/3/2022).

Akibatnya, puluhan rumah di kedua desa tersebut mengalami kerusakan ringan hingga berat.

“Satu rumah di Desa Rawaheng rusak, yang lain masih didata. Kemudian, di Desa Pangedegan ada 21 rumah rusak ringan dan berat,” ujar Gatot.

Gatot mengatakan, genangan air pagi tadi telah surut. Namun, material lumpur masih tertinggal di permukiman warga dengan ketinggian hingga 50 sentimeter.

Gatot menambahkan tidak ada korban jiwa dan sebagian warga yang terdampak banjir untuk sementara waktu mengungsi di rumah sanak saudaranya. (*)