Banyumas Dalam Satu Genggaman Informasi

banyumas dalam satu genggaman informasi

dinkominfo koneksikan kebutuhan informasi masyarakat dalam portal smart city
Dinkominfo Koneksikan Kebutuhan Informasi Masyarakat Dalam Portal Smart City

PURWOKERTO-
Keterbukaan pengaksesan informasi yang digenjot oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Banyumas sebagai Smart City. Pemerintah kabupaten menargetkan pada tahun 2023 Kabupaten Banyumas benar-benar menjadi smart city.

Endah Sulistyawati, Kabid E-Government Dinkominfo Banyumas mengatakan, Smart City sendiri berarti konsep pembangunan berbasis pemanfaatan teknologi. Yang mana seluruh akses informasi dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Dikatakan dia, terdapat beberapa aspek dalam mempersiapkan Smart City seperti infrastruktur dan informasi.

“Salah satu bentuk realnya seperti pemanfaatan website pemerintahan daerah, publikasi info, kebijakan, hingga program. Itu merupakan bentuk keterbukaan kepada publik supaya masyarakat melek teknologi,” jelasnya.

Dengan demikian, untuk mewujudkan Smart City, Dinkominfo nantinya akan mengontrol seluruh server dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta mendorong OPD untuk terus memperbarui situs website masing-masing sebagai bentuk keterbukaan informasi publik.

Endah turut menjelaskan, sebuah kabupaten atau kota dapat dikatakan smart dapat dilihat dari kebijakan pemerintah hingga sumber daya manusia. Dalam pengupayaan antisipasi sumber daya manusia di Kabupaten Banyumas yang belum melek teknologi, pihaknya melakukan pelatihan baik untuk perangkat desa maupun masyarakat.

“Di sisi masyarakat bersinergi dengan komunitas, perguruan tinggi, pelatihan, pokoknya yang berhubungan dengan IT. Termasuk dengan kelompok-kelompok informasi masyarakat. Dengan intervensi SDM ini diharapkan bisameningkatkan produktivitas, bagaimana menjadikan teknologi bisa meningkatkan kesejahteraan,” jelasnya.

Endah menceritakan, portal Smart city milik Pemkab diluncurkan sepekan lalu. Tepatnya, 7 November 2018. Portal tersebut merupakan bentuk inovasi di bidang infrastruktur software.

Dia menjelaskan, portal dibuat dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan informasi berbasis digital.

“Ini masih tahap awal, masih akan kita kembangkan,” jelasnya ketika ditemui dalam acara perilisan Portal Banyumas Smart City.

Kedepannya, Endah mengungkapkan, portal tersebut akan merambah ke basis android. Saat ini, portal dalam website smartcity.banyumaskab.go.id tersebut salah satunya berisikan informasi tentang data kependudukan, pendidikan, penanganan bencana, hingga perencanaan keuangan.

Selain menyajikan data, Portal Banyumas Smart City menyajikan lapak aduan. Adanya portal tersebut diharapkan dapat menjadi gerbang utama informasi elektronik di Kabupaten Banyumas. Dalam konsep, Banyumas dalam satu genggaman.

“Dengan satu klik saja, satu pintu portal, semua informasi bahkan transaksi elektronik Insya Allah ke depannya bisa diakses,” terang Endah. (lin)

Sumber: