Banyumas Kekurangan 11.447 Kotak Suara

banyumas kekurangan 11.447 kotak suara

banyumas kekurangan 11.447 kotak suara
LOGISTIK : KPU Kabupaten Banyumas menerima kiriman logistik Pemilu berupa 3.224 bilik suara berbahan karton. ISTIMEWA

3.224 Bilik Suara Karton Diterima KPU

PURWOKERTO –Sebanyak 3.224 bilik suara berbahan karton telah sampai di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas. Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi menjelaskan, kebutuhan bilik suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 21.748 buah.
“Kita gunakan bilik suara saat Pilkada yang terbuat dari alumunium, dan kekurangannya menggunakan bilik karton dari KPU RI,” kata dia saat ditemui Selasa (20/11).

Dia menegaskan, saat ini kebutuhan bilik suara di Banyumas telah terpenuhi, seiring dikirimnya bilik karton tersebut. Menurut dia, penggunaan bilik karton ini adalah ketentuan dari KPU RI.

Sebab pada Pemilu 2019 adalah kali terakhir penggunakan bilik alumunium. Selanjutnya, Pemilu akan menggunakan bilik karton sebagaimana kotak suara pada Pemilu 2019.

Dia menjelaskan, ada beberapa kelebihan dari bilik suara ataupun kotak suara karton. Bilik lebih mudah disetting, dan sekali pakai, sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan yang lama.

Sedangkan kotak suara alumunium memerlukan ruang penyimpanan yang lama. Dari Pemilu ke Pemilu selanjutnya, KPU harus menyediakan gudang logistik yang memadai.

Namun dia juga mengungkapkan kekurangan bilik suara dari karton ini. Karena bahannya terbuat dari karton, saat terkena hujan mudah rusak. “Di sini kita harus hati-hati menjaga kotak dan bilik agar tidak rusak,” ujarnya.

Selain bilik suara, kotak suara juga telah sampai di KPU Banyumas. Tetapi belum semua kotak suara yang didistruibusikan KPU RI sampai di Banyumas. Hingga Selasa (20/11) kemarin, kotak suara yang sampai di Banyumas baru 16.035 kotak.
Sedangkan kebutuhan kotak suara di Banyumas 27.482 buah. “Jadi masih kurang sekitar 11.447 kotak,” ungkapnya. Logistik yang sudah diterima oleh KPU Kabupaten Banyumas, disimpan di Gudang KPU di Desa Bojongsari, Kecamatan Kembaran.

Proses pembongkaran muatan, selain disaksikan oleh petugas KPU juga disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Banyumas. (ing)

Sumber: