Banyumas Peringkat Delapan Penyebaran Penyakit TB dan HIV

banyumas peringkat delapan penyebaran penyakit tb dan hiv

PURWOKERTO – Saat ini Kabupaten Banyumas menempati urutan delapan di Jawa Tengah, sebagai daerah terbanyak penyebaran penyakit TB dan HIV.Selama kurun waktu April sampai Mei, ditemukan 311 suspec dari 10 kecamatan di Banyumas yang positif TB. Ditambah data dari jumlah penderita TB yang telah di Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) sebanyak 703 penderita. Dari jumlah tersebut penderita laki-laki mendominasinya.

banyumas-peringkat-delapan-penyebaran-penyakit-tb-dan-hiv

“Tercatat sekarang Banyumas menempati posisi ke 8 di Jawa Tengah penderita terbanyak atas penyakit TB dan HIV,” kata Ketua Program TB dan HIV Aisiyah Kabupaten Banyumas Ratifah kepada Radarmas usai seminar kesehatan di Pendopo Sipanji, Selasa (24/5).Untuk pendataan HIV, katanya, masih merujuk pada data yang dihimpun DKK. Periode Januari sampai Maret tercatat 47 penderita. Namun angka tersebut akan berubah lebih banyak, jika pendataan akan ditambah mulai Juni. Rentang waktu pengidentifikasian juga berlaku untuk TB.

“Penyakit TB dan HIV memang sangat perlu diwaspadai, agar dapat diminimalisir penderitanya,” ujarnya.Ia menyebutkan, baik penderita TB maupun HIV yang terbanyak yakni masyarakat usia produktif. Ratifah menyatakan, akan gencar melakukan sosialsai dan edukasi.

“Untuk masyarakat jika mengalami batuk sampai dua minggu tidak berhenti, atau mengalami penurunan daya tahan tubuh dengan rentang waktu lama, segeralah memeriksakan ke rumah sakit terdekat, ” pungkasnya. (hen/sus)

Sumber: