Bawaslu Banten: 23 ASN Kota Serang Dicatut Namanya Jadi Anggota Parpol

Serang

Anggota Bawaslu Banten Nuryati Solapari mengatakan bahwa puluhan nama Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Serang yang namanya terdaftar sebagai anggota di partai politik dipastikan adalah pencatutan nama. Selain ASN, Bawaslu menemukan ada juga pencatutan untuk jabatan TNI dan polisi.

“Itu pencatutan dari partai politik, jadi memang Bawaslu kabupaten kota dan Banten sudah mengidentifikasi beberapa orang yang namanya dicatut dalam verifikasi pendaftaran partai politik 2024,” kata Nuryati, Serang, Rabu (24/8/2022).

Per hari ini saja, katanya ada penambahan jumlah pencatutan nama oleh partai politik dalam aplikasi Sipol. Bahkan ada penyelenggara pemilu yang nama dan NIK KTPnya sebagai anggota partai.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk kategori yang berstatus ASN jumlahnya mencapai 123 orang, Polri ada 7 orang, TNI 5 orang, kepala desa 5 orang, masyarakat biasa 4 orang, penyelenggaran pemilu 2 orang dan pekerjaan lain 1 orang. Sehingga total data yang dikumpulkan pada hari setelah diverifikasi jumlahnya mencapai 147 orang.

“Ini data terupdate, jadi pencatutan dari berbagai partai politik,” ujarnya.

Memang, fungsi dari verifikasi administrasi KPU dan pengawasan dari Bawaslu untuk membuktikan syarat administratif calon peserta Pemilu 2024 ini berjalan sesuai undang-undang.

Yang jelas dilarang katanya adalah anggota berstatus ASN, TNI, polisi dan kepala desa.Temuan-temuan dari hasil verifikasi itu harus diperbaiki oleh partai politik.

“Ini harus diperbaiki dari segi administrasi, ini hasil pengawasan dari pencegahan dari Bawaslu kabupaten kota se-Banten,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, ada 23 nama ASN yang masuk sebagai anggota partai politik pendaftar Pemilu 2024. Nama-nama itu tertera sebagai anggota yang disampaikan melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) milik KPU.

Simak juga ‘Bawaslu Telusuri Temuan 98 Anggota KPUD Tercatut Kader Parpol’:

[Gambas:Video 20detik]

(bri/maa)