Bawor Satria Siap Amankan Banyumas

bawor satria siap amankan banyumas

Sisir Mulai Pukul 22.00-05.00
PURWOKERTO-Kepolisian Resor Banyumas resmi meluncurkan Tim Bawor Satria, Selasa (21/11) kemarin. Bawor merupakan kependekan dari Berantas Ancaman Warga Obyektif Responsif. Artinya, mereka bertugas menjaga situasi aman, nyaman dan kondusif bagi masyarakat Banyumas. Apalagi menjelang pilkada 2018 mendatang.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK menyebutkan, 33 personel Bawor Satria dipimpin oleh 3 orang perwira. Anggota tim, menjalani seleksi terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam tim.

bawor satria amankan banyumas

“Anggota tim terdiri dari berbagai anggota satuan fungsi, Reskrim, Sat Narkoba, Lantas, Intel, Shabara bahkan dari administrasi pun masuk ke dalam tim. Mereka bertugas menjaga situasi kamtibmas tetap aman, nyaman dan kondusif, terutama satu tahun jelang Pilkada tentunya agenda masyarakat meningkat dan kami antisipasi kerawanan ini,” ujar dia.

Personil Tim Bawor Satria, juga memiliki keahlian khusus dan dilengkapi perlengkapan komplit. Termasuk senjata laras panjang dan rompi anti peluru.

“Kemampuan dan perlengkapan yang dimiliki Tim Bawor Satria, akan membantu mereka dalam menjalankan tugas. Mereka akan bertugas sejak pukul 22.00-sampai 05.00 setiap hari,” kata Kapolres.

Dari 33 personil Tim Bawor Satria, enam diantaranya adalah perempuan. Anggota perempuan ini untuk menangani ataupun memeriksa pelaku perempuan.

“Tim Bawor Satria dalam berpatroli selalu berkelompok dengan mengendarai sepeda motor. Selain sebagai Buddy System, juga agar kekuatan tidak terpecah,” tegas dia.

Kapolres menjelaskan, tujuan dibentuknya Tim Bawor Satria untuk menangani gangguan kamtibmas di jam-jam rawan. Sasarannya adalah pemuda nongkrong di malam hari, dan potensi-potensi tindak kriminal lainnya.

“Tim akan berpatroli di daerah-dareah rawan yang sudah terdata, saat menjumpai sekelompok orang nongkrong maka tim akan mendatangi. Jika kedapatan mengkonsumsi miras, akan ditindak dan dibawa ke kantor,” jelas dia.

Dia berharap, dengan dibentuknya Tim Bawor Satria ini tindak kejahatan di jam rawan dapat diminimalisir. Seperti begal, premanisme, pencurian, perampokan maupun kasus narkotika.

“Ini untuk menciptakan suasana aman, nyaman, tertib dan kondusif di wilayah Banyumas, Tim Bawor Satria tidak hanya bergerak di kota tapi juga sampai ke pelosok,” ungkap Kapolres.

Masyarakat juga dapat memanggil tim Bawor manakala menemukan gangguan kamtibmas di jam rawan. Caranya adalah, dengan mendownload aplikasi Panic Button di Playstore.

“Saat mengalamai atau menemukan tindak gangguan kamtibmas baik berupa pencurian maupun lainnya, pencet saja Panic Button. Kami langsung merespon dengan mengirim anggota terdekat, juga tim Bawor,” tandas Bambang. (mif/ttg)

Sumber: