Beda Jenis 2 Pendaftaran Merek Citayam Fashion Week di Kemenkumham

Jakarta

PT Tiger Wong, milik artis Baim Wong, dan Indigo Aditya Nurgoho mendaftarkan nama Citayam Fashion Week (CFW) menjadi sebuah merek ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Keduanya mendaftarkan CFW sebagai merek jenis jasa yang berbeda.

Koordinator Pemeriksa Merek Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Agung Indriyanto menyebut PT Tiger Wong mengajukan CFW menjadi merek untuk sebuah jasa hiburan dalam sifat peragaan busana. Sedangkan Indigo Aditya Nugroho mendaftarkan CFW mendaftarkan untuk jasa ajang pemilihan kontes dan fashion show.

“Benar bahwa DJKI telah menerima dua permohonan pendaftaran merek Citayam Fashion Week. Keduanya mendaftar di kelas 41,” kata Agung dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Agung mengungkapkan permohonan dari PT Tiger Wong dan Indigo Aditya Nugroho terkait CFW kini sudah masuk tahap publikasi. Dia menjelaskan ketika dua pemohon sudah masuk tahap publikasi, maka masyarakat dapat mengajukan keberatan terhadap permohonan tersebut.

“Saat ini statusnya sedang untuk dipublikasi,” ungkap Agung.

Lebih lanjut Agung mengatakan pendaftaran merek CFW bakal melalui beberapa tahapan. Dimulai dari tahap permohonan merek, pemeriksaan formalitas pengumuman, pemeriksaan hingga penerbitan sertifikat.

“Berdasarkan Undang-Undang No. 20 tentang Merek dan Indikasi Geografis, pendaftaran merek perlu melalui beberapa tahapan mulai dari permohonan merek, pemeriksaan formalitas, pengumuman (2 bulan), pemeriksaan substantif (150 hari kerja), didaftar kemudian penerbitan sertifikat,” terang Agung.

Citayam Fasihon Week Didaftarkan Jadi Nama Merek

Sebelumnya, PT Tiger Wong, perusahaan milik artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Baim Wong pun memberi penjelasan.

Permohonan PT Tiger Wong tersebut teregistrasi dengan nomor JID2022052181. Permohonan itu diterima PSDKI Kemenkumham pada 20 Juli 2022.

Citayam Fashion Week yang diajukan PT Tiger Wong diterima pada 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052181. Citayam Fashion Week, dalam permohonan perusahaan Baim Wong, disebut sebagai hiburan dalam peragaan busana hingga podcast.

Selain PT Tiger Wong, seseorang yang bernama Indigo Aditya Nugrho mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. Permohonan itu tertera dengan nomor JID2022052496.

Warga Bisa Ajukan Komplain

Koordinator Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham Irma Mariana

menyebut masyarakat terbuka untuk menyampaikan keberatan perihal permohonan tersebut. Irma mengatakan nantinya permohonan Citayam Fashion Week akan melalui sejumlah tahap, dari formalitas hingga publikasi. Tim dari DJKI akan memeriksa berkas-berkas dalam tahapan tersebut.

“Masyarakat bisa mengajukan keberatan apabila merek itu ada yang merasa keberatan gitu. Kami akan melakukan tahapan formalitas misalnya kami akan mengecek dan memverifikasi ini, apakah secara administrasi dokumen dibutuhkan sudah lengkap atau tidak,” ujar Irma.

“Nanti akan ada tahapan publikasi. Setelah dia lolos publikasi akan masuk pada tahap pemeriksaan yang dilakukan oleh tim pemeriksa DJKI,” lanjut dia.

(rak/dwia)