Belum Maksimal, Sudah Operasional

belum maksimal, sudah operasional

operasional - fasilitas dan sarana pendukung di taman edukasi lalu lintas sudah bisa digunakan - dimas prabowo - radarmasPURWOKERTO – Taman Edukasi Lalu Lintas di Terminal Bulupitu Purwokerto sudah mulai dioperasionalkan. Meski fisik taman belum sempurna, namun fasilitas dan sarana pendukung sudah dapat digunakan.

Kepala Dinhubkominfo Kabupaten Banyumas Santosa Eddy Prabowo mengatakan, meski belum maksimal namun operasional sudah dapat dilakukan. Saat ini taman sudah dilengkapi sarana mobil-mobilan dan rambu lalu lintas, yang ditujukan sebagai pembelajaran anak.

“Sarana mobil juga sudah digunakan untuk praktik anak-anak dalam memahami rambu lalu lintas yang ada di jalan, termasuk traffic light,” katanya.

Meski terbatas, lanjut Eddy, paling tidak operasional taman lalu lintas bisa memperkenalkan tata cara keselamatan lalu lintas, terutama untuk TK maupun PAUD. “Sekarang satu hari bisa sampai 2-3 TK/PAUD yang datang. Untuk menunjang fasilitas, kita juga sediakan bus gratis untuk antar jemput ke terminal,” jelasnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini tetap fokus pada pembangunan fisik Taman Lalu Lintas. Pasalnya, berdasarkan anggaran tahun ini ditargetkan untuk penyelesaian fisik taman.

“Fisik tahap kedua akan kita selesaikan tahun ini. Sedangkan untuk sarana dan prasarana kita dapat bantuan dari pusat. Seperti videotron juga dapat dari pusat. Saat ini kita masih menunggu realisasinya,” katanya.

Seperti ketahui, tahun 2015 ini pembangunan Taman Edukasi Lalu Lintas Bulupitu tahap II dianggarkan sekitar Rp 500 juta, yang bersumber dari APBD Kabupaten Banyumas Tahun Anggaran 2015.

Pembangunan taman lalu lintas tahap kedua lebih difokuskan pada penyelesaian fisik taman, yang sudah dilakukan pada tahap pertama di tahun 2014 lalu. Untuk fisik taman tahap kedua, akan dilengkapi dengan pembangunan jalan lingkar taman, bangku taman, hingga joglo (gazebo).

“Jadi walaupun ada pembangunan tahap kedua, tidak akan mengganggu operasional karena bangunan dan sarana intinya sudah ada,” tuturnya. (bay/sus)

Sumber: