Bikin Celaka, Polisi Tidur Menyaru Zebra Cross di Sunter Kini Dibongkar

Jakarta

Polisi tidur yang penampakannya menyaru zebra cross viral karena membuat pengendara motor celaka. Terlihat, pengendara jatuh dan bergelimpangan. Kini polisi tidur itu dibongkar.

“Sekarang sudah dibongkar,” kata Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara Ilham Raya kepada detikcom, Kamis (25/8/2022).

Lokasi polisi tidur atau speed bump viral itu ada di Jalan Danau Sunter Selatan. Sebuah video memuat rekaman peristiwa para pengendara motor terjatuh telah beredar di media sosial sejak siang tadi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dihubungi terpisah, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara Harlem Simanjuntak mengatakan pihaknya langsung mengecek ke lokasi begitu mendapat laporan soal kecelakaan. Dishub, selain pula Dinas Bina Marga dan kepolisian, termasuk pihak yang berkepentingan mengatur ketertiban di lokasi.

“Karena kewenangan kami pemasangan speed trap (berbentuk gundukan lebih kecil-tipis ketimbang polisi tidur namun berderet) dan sudah kami pasang di sembilan titik di lokasi tersebut,” kata Harlem Simanjuntak.

Pemotor terjatuh akibat keberadaan speed bump atau polisi tidur yang dicat menyerupai zebra cross.

“Bahaya banget. Sumpah. Bikin orang jatuh semua, udah banyak yang jatuh. Itu bahaya banget. Sumpah,” kata orang yang merekam video viral itu.

Speed bump adalah alat pembatas kecepatan yang digunakan hanya pada area parkir, jalan privat atau jalan lingkungan terbatas dengan kecepatan operasional di bawah 10 km/jam.

Dimintai konfirmasi, Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Utara AKP Edi Wibowo mengatakan pihaknya mendapatkan informasi adanya warga yang terjatuh pagi tadi di lokasi. Namun, dia tidak memerinci apakah pemotor yang jatuh itu akibat keberadaan speed bump tersebut.

“Tadi pagi katanya ada (pemotor terjatuh di lokasi), cuma tidak dilaporkan. Jadi dia jatuh langsung bawa pulang,” kata Edi.

(dnu/haf)