BINDA Jateng Gencarkan Vaksinasi Door To Door di Kabupaten Banyumas

sibnews.info, Banyumas –  Badan Intelejen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah menggelar vaksinasi Covid-19 door to door di Desa Wiradadi, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (6/12/2021).

Pelayanan tersebut diberikan kepada warga yang tidak dapat mendatangi sentra vaksinasi, akibat keterbatasan fisik atau kesehatan.

Kabag Ops Binda Jateng Wara Winahya mengatakan, vaksinasi door to door tersebut bertujuan menjaring warga yang belum divaksin, sehingga dapat mempercepat cakupan vaksinasi.

whatsapp image 2021 12 06 at 16.29.29

“Konsep ini dalam rangka percepatan vaksinasi untuk menciptakan herd immunity pada akhir 2021. Kami menyasar ke rumah-rumah warga yang memiliki keterbatasan fisik atau keterbatasan lainnya,” kata Wara.

Di sisi lain, lanjut Wara, capaian vaksinasi yang telah lebih dari 70 persen juga menyulitkan petugas mencari sasaran vaksinasi.

“Metode door to door ini merupakan cara yang paling efektif untuk menyisir warga di daerah agar memperoleh vaksin,” ujar Wara.

Wara menambahkan, hari ini Binda melakukan vaksinasi serentak di tiga kabupaten yaitu, Banyumas, Banjarnegara, dan Pati dengan menyiapkan 9.000 dosis.

Jelang natal 2021 dan tahun baru 2022, masyarakat diminta menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan dan menimbulkan kerumunan, serta mendukung kebijakan pemerintah yang akan menerapkan PPKM level III pada perayaan Nataru. Hal ini merupakan upaya untuk menekan potensi persebaran covid-19. (F13)