BMKG Ingatkan Potensi Gempa M 8,9 dan Tsunami 15 Meter di Bengkulu

Bengkulu

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Pulau Baai Kota Bengkulu mengeluarkan imbauan. Masyarakat Provinsi Bengkulu diminta untuk waspada terkait potensi akan terjadi gempa dengan kekuatan maksimal 8,9 magnitudo yang berpusat di wilayah Kabupaten Mukomuko. Imbauan ini disampaikan BMKG untuk kepentingan mitigasi bencana.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar mengatakan gempa tersebut juga berpotensi terjadinya tsunami dengan ketinggian ombak mencapai 15 meter.

“Bengkulu berpotensi terjadi gempa bumi mencapai 8,9 magnitudo yang menimbulkan adanya gelombang tsunami mencapai 15 meter,” kata Anang di Bengkulu, seperti dilansir Antara, Kamis (25/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia menjelaskan, potensi gempa bumi tersebut akan terjadi ketika lempeng bumi yang berada di wilayah perairan Kabupaten Mukomuko dekat dengan wilayah perairan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pecah.

Namun hingga saat ini kondisi lempeng bumi tersebut belum pecah dan masyarakat diminta untuk tetap waspada dan tidak panik.

Sebab Provinsi Bengkulu merupakan wilayah yang dilalui oleh rangkaian gunung berapi atau ring of fire sehingga berpotensi terjadinya gempa bumi dengan kekuatan yang besar jika dibandingkan dengan wilayah-wilayah lainnya.

“Wilayah Provinsi Bengkulu berpeluang terjadinya pergeseran lempeng itu cukup besar,” ujarnya.

Meskipun Provinsi Bengkulu merupakan wilayah yang sering terjadi gempa, jika wilayah Bengkulu tidak terjadi gempa, masyarakat harus khawatir.

Baca juga: Jokowi ‘Pasang Badan’, BMKG Diminta Buka-bukaan soal Kegempaan

Sebab, Bengkulu memiliki potensi gempa yang sangat besar, yaitu mencapai sekitar 8,4 magnitudo dan pernah terjadi pada 1844.

“Jika di Bengkulu gempa masyarakat jangan khawatir, malah dengan adanya gempa lebih bersyukur karena gempa terjadi tidak langsung sekaligus tapi secara perlahan lahan,” terangnya.

Lanjut Anang, dengan terjadinya gempa dengan kekuatan kecil menyebabkan pelepasan energi di lempeng bumi akan terjadi terus-menerus sehingga mengurangi terjadinya gempa besar di Bengkulu.

(idh/fjp)