Bocor, Kolam Bale Kemambang Diperbaiki

bocor, kolam bale kemambang diperbaiki

kolam bale kemambang bocor
Pekerja sedang memperbaiki kolam Bale Kemambang. KEMUNING/RADARMAS

PURWOKERTO-Beberapa pekerja terlihat melakukan perbaikan di kolam Taman Bale Kemambang yang bocor. Pengelola Taman Kota Bale Kemambang Tarsum mengatakan, perbaikan kolam untuk mengantisipasi kebocoran yang lebih besar.

“Kalau kebocoran sedikit kemudian dibiarkan, maka bisa sampai jebol dan menjadi masalah besar,” ujarnya, Senin (12/10).

Tarsum menjelaskan, penyebab kebocoran karena tekanan air dan usia bangunan yang sudah cukup lama. Kebocoran kolam telah terjadi sejak kurang lebih dua minggu yang lalu. Ia mengatakan, sebelum musim hujan, pihaknya telah melihat adanya titik-titik basah. Dan setelah hujan deras turun, kolam yang bocor mulai terlihat.

“Ada dua titik retakan langsung saya ajukan untuk perbaikan kepada dinas, dan hari ini (Senin, red) diperbaiki,” katanya.

Dalam perbaikannya, bagian bocor itu ditambah kerangka besi dan dibeton agar lebih kuat. Sebelumnya bangunan kolam hanya berbentuk pondasi batu. Kerangka besi ini, lanjut Tarsum, mengikuti kondisi, yang ketebalannya sekitar 20 centimeter, dipasang di sekitar area kolam yang bocor saja. “Rencananya nanti kerangka besi ini akan memanjang,” tuturnya.

Ia menegaskan, perbaikan ini menggunakan anggaran pemeliharaan. Sedangkan proses perbaikannya dilakukan oleh pihak ketiga yang diatur oleh dinas terkait. “Di sisi-sisi lain masih aman,” katanya. (ing)

Sumber: