Brigita Manohara Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Bupati Mamberamo Tengah

Jakarta

Presenter TV Brigita Manohara penuhi panggilan penyidik KPK hari ini. Dia akan diperiksa sebagai saksi di perkara suap dan gratifikasi Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak.

Pantauan detikcom di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (25/7/2022) WIB, Brigita Manohara tiba di KPK pada pukul 09.52 WIB. Dia akan diperiksa penyidik.

“Nggak ada persiapan. Orang saya nggak tahu mau ditanya apa,” kata Brigita Manohara di lokasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan Brigita dipanggil sebagai saksi. Brigita diperiksa dalam kasus dugaan penerimaan suap.

“Hari ini (25/7) dijadwalkan pemanggilan saksi an. Brigita P Manohara untuk diperiksa sebagai saksi perkara dugaan korupsi pemberian dan penerimaan suap serta gratifikasi di Mamberamo Tengah Papua,” kata Ali.

Sejatinya, Brigita mendapat surat panggilan pertama KPK pada Jumat (15/7) lalu. Namun, saat itu Ali menyebut Brigita absen tanpa keterangan yang jelas.

Adapun dalam perkara ini, KPK tengah mengusut dugaan suap dan gratifikasi terkait pembangunan berbagai proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua. Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak merupakan tersangka dalam kasus ini.

Ricky Ham sendiri telah resmi masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK. Ricky masuk DPO gara-gara kabur saat hendak dijemput paksa penyidik KPK.

“Salah satu pihak yang telah ditetapkan sebagai Tersangka dalam perkara dugaan TPK berupa pemberian dan penerimaan suap serta gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah Provinsi Papua, benar, KPK nyatakan, telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO),” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (18/7).

Ali menjelaskan KPK juga telah mencecar sejumlah kerabat dekat Ricky Ham. Mereka ditanyai soal proses pelarian Ricky Ham ke Papua Nugini.

Lihat Video: Bupati Mamberamo Tengah Masuk DPO KPK

[Gambas:Video 20detik]

(zap/zap)