Brigjen Hendra-Brigjen Benny Ali Bersaksi di Sidang Kode Etik Ferdy Sambo

Jakarta

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menjalani sidang kode etik pagi ini. Sidang kode etik turut menghadirkan sejumlah saksi.

Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo mengatakan saksi dihadirkan untuk mendalami peran Ferdy Sambo terkait peristiwa pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Duren Tiga.

“Adapun nanti juga dihadirkan beberapa saksi, ya untuk mendalami peran dari Irjen Ferdy Sambo terkait peristiwa pidana yang ada di Duren Tiga,” kata Dedi kepada wartawan di gedung TNCC, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Adapun saksi yang akan dihadirkan adalah mantan Karopaminal Divisi Propam Polri Brigjen Hendra Kurniawan, mantan Karo Provos Divpropam Polri Brigjen Benny Ali, Kombes Susanto, Kabag Gakkum Roprovost Divpropam, dan mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto.

“Saksi-saksi tersebut yang nanti akan dihadirkan antara lain ada Brigjen H, Brigjen B, ada Kombes B, Kombes A dan satu lagi Kombes S. Itu nanti akan dihadirkan sebagai saksi sekaligus didalami oleh sidang Komisi Kode Etik tentang apa yang menjadi konstruksi hukum pelanggaran kode etik profesi yang dilakukan Irjen FS,” ujarnya.

Sidang kode etik ini dihadiri langsung oleh Irjen Ferdy Sambo selaku terperiksa. Ferdy Sambo hadir sejak pukul 07.30 WIB tadi.

Sidang kode etik ini dilakukan untuk memutuskan sanksi apa yang akan dijatuhkan terhadap Ferdy Sambo atas pidana yang dilakukan terkait pembunuhan Brigadir Yosua. Sanksi akan diputuskan hari ini juga.

“Akan ditentukan hari ini juga sesuai dengan perintah Pak Kapolri, semua berjalan secara paralel dan harus cepat prose penyelidikan yang dilakukan oleh Tim Sidik Timsus,” kata Dedi.

Dedi menjelaskan pemeriksaan dalam sidang etik Ferdy Sambo dilakukan secara tertutup. Namun, saat pembacaan hasil, awak media diperkenankan meliput.

“Saat keputusan sidang komisi atau vonis, akan saya berikan kesempatan kepada teman-teman untuk meliput juga dengan visual dan audio jadi lengkap semuanya,” katanya.

Simak video ‘Status Ferdy Sambo Diputuskan Kabaintelkam Hari Ini’:

[Gambas:Video 20detik]

(mei/mei)