Bukan di Stadion, Ini Lokasi yang Akan Dijadikan Pasar Darurat Banjarnegara

sibnews.info, Banjarnegara – Para pedagang terdampak kebakaran Pasar Kota Banjarnegara sedang menanti lokasi pasar darurat. Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara memilih lokasi halaman stadion Sumitro Kolopaking sebagai pasar darurat tersebut.

Namun, pedagang meminta supaya lokasi pasar darurat tidak jauh dengan pasar Kota yang terbakar. Ini karena, untuk memudahkan akses pedagang.

“Kita sedang mencari lokasi yang tidak jauh dengan titik pasar semula. Memang, kemarin kita sudah musyawarah dengan Forkopimda dan telah menentukan pasar darurat di stadion, dengan pertimbangan tempatnya yang luas. Namun pedagang punya aspirasi agar pasar darurat lokasinya tak jauh dari titik awalnya, jadi kita harus mencarikan solusi yang terbaik,” ujar Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, Senin (15/03/2021).

Untuk itulah, kata Budhi, Pemkab kembali menimbang lokasi pasar daruat tersebut. Dari hasil tinjauan ke lapangan, dia telah terinventarisir beberapa tempat. Yang pertama, tanah kosong milik Pemkab di timur pasar seluas 5000 meter persegi, yang siap dimanfaatkan.

“Jika lokasi tersebut kurang luas, akan ditambah dari titik Jalan Veteran depan Apotik Restu sampai pertigaan Toko Jamu Jago. Dan kalau masih kurang lagi, bisa melebar ke barat, yakni Jalan Dipayuda,” jelas Budhi.

Diketahui, pasar kota Banjarnegara terbakar empat hari lalu. Meski tidak ada korban jiwa dan luka. Namun Dinas Perindagkop-UKM mendata, hampir seluruh kios dan los yang ada di bangunan pasar terbakar.

“Di kios pasar Kota Banjarnegara ada kurang lebih 205 kios dan 433 los di lantai I, serta kurang lebih 116 kios dan 856 los di lantai II. Kerugian ditaksir mencapai Rp 18 Milyar,” papar Kepala Dinas Perdindagkop-UKM Kabupaten Banjarnegara, melalui Kabid Pasar, Hari Arumbinuko. (F15)