Bupati Husein Instruksikan Jajarannya Sukseskan Sensus Penduduk Lanjutan

sibnews.info, Banyumas – Bupati Banyumas Achmad Husein menginstruksikan kepada jajarannya untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspem Kesra) Sekda Kabupaten Banyumas Drs. Purwadi Santoso, M.Hum saat membacakan sambutan Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Banyumas, mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Lanjutan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Banyumas.

“Saya mengajak seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa hingga Kepala OPD untuk mensosialisasikan dan menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan tersebut,” katanya Jumat (3/6/2022).

Bupati melalui Aspem Kesra Banyumas menekankan bahwa data dasar kependudukan dari berbagai bidang tentu yang terutama adalah ekonomi, sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas dan seluruh pemangku kepentingan yang lain untuk memajukan kabupaten Banyumas. Data dasar tersebut menjadi acuan Pemkab dalam merumuskan kebijakan, termasuk dalam hal ini Pemkab bisa kerjasama untuk data sektoral.

“Sinergi Pemerintah Kabupaten Banyumas dan BPS ditujukan untuk menghasilkan data berkualitas demi memajukan kesejahteraan penduduk terutama yang saat ini masih tertinggal seperti kemiskinan dan pengangguran,” lanjutnya.

Sementara Kepala BPS Banyumas, Ir. Suprih Handayani, M.M., menjelaskan bahwa kegiatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan akan dilaksanakan pada Tanggal 1- 30 Juni 2022. Menurutnya kegiatan tersebut bersifat Nasional.

“BPS Kabupaten Banyumas mengerahkan 27 orang Koordinator Statistik Kecamatan (Koseka), 80 orang Koordinator Team dan 238 orang PPL ( Petugas Pendataan Lapangan ) untuk mendata 1.186 Blok Sensus (BS), setiap BS terpilih 16 rumah tangga sampel total 18.976 Rumah Tanggadi Kabupaten Banyumas,” katanya.

Output Long Form SP 2020 akan dimanfaatkan oleh stakeholder untuk Perencanaan Pembangunan dalam rangka menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045.

“Mengingat pentingnya informasi akan dihasilkan maka kami meminta dukungan kepada Pemerintah Daerah, seluruh OPD dan Para Camat serta seluruh masyarakat se Kabupaten Banyumas untuk mensukseskan kegiatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan,” harap Kepala BPS Banyumas.

(editor F13)

(Sumber Humas Pemkab Banyumas)