Bupati Husein Terima Penghargaan Nirwasita Tantra

sibnews.info, Banyumas – Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein menerima Anugerah Penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Rabu (20/7/2022).

“Alhamdulillah, Kabupaten Banyumas bersama Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra. Penghargaan ini untuk kategori kriteria kabupaten besar,” kata Husein dalam keterangan tertulis di laman Pemkab Banyumas, dikutip Rabu (20/7/2022)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas Ir Junaedi, MT mengatakan penghargaan Nirwasita Tantra dan Penganugerahan Kalpataru merupakan wujud penghargaan pemerintah pusat kepada para pemimpin daerah dan pejuang lingkungan yang telah menjadi ujung tombak atau garda terdepan dalam upaya pemulihan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia

“Ada 5 parameter isu yang dijadikan penilaian yaitu sampah, penurunan kualitas air, bencana, alih gungsi lahan dan kerusakan lahan,” katanya

Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 diserahkan kepada 42 pemimpin daerah terbaik yang dibedakan dalam kategori provinsi, kabupaten besar, kabupaten sedang, kabupaten kecil, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Tiap kategori diberikan kepada 3 kepala daerah terbaik, 3 DPRD terbaik, dan 5 pemerintahan terbaik.

“Penilaian Sanugerah Nirwasita Tantra dilakukan berdasarkan informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah yang menyatakan kondisi permasalahan, kebijakan program yang diterapkan dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya,” tambah Junaedi.

Melansir laman KLHK, Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari KLHK yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja, sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah.

 

(editor F13)