Bupati Luncurkan Delapan Puskemas Ramah Anak

bupati luncurkan delapan puskemas ramah anak

bupati luncurkan delapan puskemas ramah anak
Bupati Banyumas Ir Achmad Husein meluncurkan delapan Puskesmas di Kabupaten Banyumas menjadi Puskesmas Ramah Anak. HKM/RADARMAS

PURWOKERTO–Bupati Banyumas meluncurkan delapan Puskesmas di Kabupaten Banyumas menjadi Puskesmas Ramah Anak (PRA), di Puskesmas Purwokerto Barat, Jumat, (9/11). Targetnya tahun ini semua Puskesmas yang ada ramah anak.

“Saya berharap, pada 2019 seluruh Puskesmas di Kabupaten Banyumas akan menjadi Puskesmas Ramah Anak,” kata Bupati Banyumas Ir Achmad Husein .

Kedelapan Puskesmas itu adalah Puskesmas Purwokerto Barat, Puskesmas 1 Purwokerto Utara, Puskesmas 1 Kembaran, Puskesmas 1 Cilongok, Puskesmas 1 Ajibarang, Puskesmas Lumbir, Puskesmas 1 Sumpiuh, dan Puskesmas Jatilawang.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menjelaskan, delapan Puskesmas tersebut harus bisa memenuhi hak-hak anak secara optimal. Ia meminga Puskesmas dapat memberikan perlindungan kepada anak-anak melalui akses pelayanan kesehatan serta jaminan sosial.

Puskesmas Ramah Anak ini diwujudkan dalam rangka menindaklanjuti UU Nomor 5/2013 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Pembentukan klaster kesehatan dasar, melalui penetapan lokus PRA, adalah dalam rangka mewujudkan tujuan besar yakni Kabupaten Banyumas menjadi Kabupaten Layak Anak.

Tak cuma Puskesmas, Pemerintah Kecamatan, kata dia, juga diminta mengimbangi kinerja Pukesmas yang sudah Ramah Anak. Sehingga layanan kecamatan juga bisa serupa. Sebab kesehatan lingkungan secara menyeluruh, kata dia, sangat diperlukan bagi anak-anak.

“Sejalan dengan itu, keberadaan Puskesmas Ramah Anak perlu pula diikuti oleh Kecamatan yang Ramah Anak. Anak-anak adalah bibit unggul yang perlu mendapat perhatian kita bersama baik secara jasmani maupun rohani. Ibarat pohon, anak-anak perlu mendapat suplemen, nutrisi, dan sinar matahari yang cukup” kata dia.(hkm)

Sumber: