Bupati Minta Acara Seni Rutin Digelar di Halaman Menara Pandang Teratai

sibnews.info, Banyumas – Dalam rangka memperingati Hari Sastra Nasional yang jatuh pada (3/7/2022), Asa Sedesa, Alumni SMA N 1 Purwokerto angkatan 1992, menggandeng komunitas-komunitas seni di Purwokerto, SIP Publishing dan PenAsmansa untuk merayakannya di Menara Pandang Teratai Purwokerto. Merayakan Aksara (Aktualisasi Sastra dalam Suara) menampilkan karya-karya sastra nasional dari jaman sastra lama hingga milenial, dengan beragam ekspresi: pembacaan puisi, prosa, kidung, musikalisasi.

addtext 07 19 11.41.02

Acara yang digelar pada Sabtu (16/7/2022) dibuka pukul 16.00 WIB dengan dikidungkannya Tembang Mantra Wedha karya Sunan Kalijaga oleh Cipto Subroto, disambung penampilan dari siswa, guru dan alumni SMA Negeri 1 Purwokerto.

addtext 07 19 11.43.31

Menjelang malam, acara makin meriah dengan penampilan para pujangga dan seniman banyumas : Teguh Wage, Agung Wicaksono, dan 3 Presiden puisi Banyumas : Wanto Tirta ( Presiden Geguritan Banyumas), Edi Pranata (Presiden Penyair Banyumas Raya) dan Edi Romadhon (Presiden Prosa Puitik Banyumas) juga atraksi pantomim dari SPP (Seni Pantomim Purwokerto).

addtext 07 19 11.45.55

Yohan Handriyanto selaku Ketua penyelenggara menyatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi ruang kepada para seniman banyumas untuk berekpresi karena Banyumas sesungguhnya memiliki banyak sekali pekerja seni yang mumpuni.
Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein, yang juga hadir di acara ini, dalam sambutannya menyampaikan sangat mendukung kegiatan berkesenian ini, bahkan menantang para pelaku seni di Banyumas untuk membuat acara seni ini secara rutin sehingga karya seni sekaligus para senimannya bisa dikenal mendunia.

Acara berakhir sekitar pukul 22.00 WIB, ditutup dengan penampilan spontanitas dari teman-teman komunitas Seni seperti Teater Si Anak, Teater Margin, Teater Corak, UKM Seni Klise, Teater Perisai, Kie Bae, Bunda LLC dan Pena Mas. | AB. Setiawan | (F12)*