Bupati : Saya Percaya Semangat Juang dan Kerja Keras TKSK

sibnews.info, Banjarnegara- Bupati Banjarnegara H Budhi Sarwono mengungkapkan jika dirinya sadar belum mampu memberikan fasilitas yang memadai untuk menunjang pelaksanaan tugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Namun Bupati percaya bahwa seluruh TKSK Banjarnegara memiliki semangat juang tinggi sehingga apa yang ia sampaikan tersebut tidak akan menjadi hambatan dalam menjalankan tugasnya.

“Melalui kesempatan ini saya menyadari bahwa Pemkab Banjarnegara belum dapat memberikan fasilitas yang memadai untuk menunjang pelaksanaam tugas TKSK yang cukup berat saat ini. Namun kami yakin teman teman TKSK Banjarnegara memiliki semangat juang yang tinggi sehingga hambatan tersebut bukan merupakan sebuah hambatan,” kata Bupati dalam acara TKSK Peduli Berbagi yang digelar di Pendopo Kabupaten Banjarnegara, beberapa waktu lalu.

Bupati menambahkan, dirinya mempercayai rasa ikhlas diikuti dengan kerja keras TKSK Banjarnegara selama ini akan mampu memberikan solusi yang baik dalam ikut membantu persoalan kesejahteraan sosial di Banjarnegara.

“Semangat juang tinggi tak akan menjadikan hambatan bagi TKSK sehingga harus terus ikhlas dan kerjakeras membantu memberikan kebahagiaan dan solusi serta penanganan terhadap seluruh pemersatu pelayanan kesejaheraan sosial di wilayah Kabupaten Banjarnegara, ” kata Bupati.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi TKSK Banjarnegara bekerjasama dengan dunia usaha dan e warong di Kabupaten Banjarnegara tersebut, Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan berupa kursi roda kepada warga masyarakat yang membutuhkan. Ada tiga kursi roda yang diberikan FK TKSK Banjarnegara kepad warga yang memang sangat mendesak membutuhkan alat bantu tersebut.

Sesuai dengan jumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, saat ini terdapat 20 orang TKSK. Pembentukan TKSK dimulai tahun 2009 setelah pemerintah melalui Kementrian Sosial mengeluarkan sebuah kebijakan terkait penanggulangan sosial dan kemiskinan. TKSK diberi tugas, fungsi, dan kewenangan oleh pemerintah untuk jangka waktu tertentu bertugas melaksanakan serta membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial sesuai dengan wilayah penugasan di kecamatan.

“Kami ada untuk peduli mereka, itulah slogan kami sebagai TKSK. Kami adalah kepanjangan tangan dari Dinsosppa. Sebagai garda terdepan dalam penyelnggaraan usaha kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan,” kata Koordinator FK TKSK Banjarnegara Aditta Hamid.

Tim Fokus Banyumas