China Setop Komunikasi Usai Kunjungan Pelosi, Ini Kata AS

Jakarta

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menuduh China melakukan “langkah tidak bertanggung jawab” dengan menghentikan saluran komunikasi utama dengan Washington. Blinken juga mengatakan tindakan China terhadap Taiwan menunjukkan pergeseran dari memprioritaskan resolusi damai menuju penggunaan kekuatan.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Sabtu (6/8/2022), hal ini disampaikan Blinken ketika pesawat-pesawat tempur dan kapal-kapal perang China menggelar latihan militer di sekitar Taiwan. Para pejabat Taiwan menyebut militer China tengah melakukan simulasi untuk menyerang Taiwan.

Latihan militer besar-besaran China itu dilakukan setelah China marah atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat ke Taiwan. Pemerintah China pun bereaksi dengan menghentikan proses bilateral dengan AS di delapan bidang utama termasuk pertahanan, narkotika, kejahatan transnasional dan perubahan iklim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Blinken mengatakan tindakan China itu adalah langkah yang akan menghukum dunia, bukan hanya Amerika Serikat.

“Itu termasuk beberapa saluran militer ke militer, yang penting untuk menghindari miskomunikasi dan menghindari krisis,” kata Blinken pada konferensi pers dalam lawatannya ke Manila, Filipina.

“Menangguhkan kerja sama iklim tidak menghukum Amerika Serikat, itu menghukum dunia, khususnya negara berkembang. Kita seharusnya tidak menyandera kerja sama dalam masalah yang menjadi perhatian global karena perbedaan antara kedua negara kita,” cetusnya.

Mengatasi perubahan iklim telah menjadi bidang utama kerja sama antara dua negara adidaya tersebut yang juga sama-sama merupakan penghasil emisi gas rumah kaca terbesar.

Simak Video: Militer China Makin Sibuk di Sekitar Taiwan, AS Geram!

[Gambas:Video 20detik]