Citayam Fashion Week di Mana? Cek Infonya di Sini

Jakarta

Citayam Fashion Week di mana? Pertanyaan tersebut banyak dicari oleh masyarakat setelah viralnya fenomena ABG Citayam dan Bojong Gede nongkrong di Jakarta. Citayam Fashion Week adalah kegiatan baru di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan di mana sekelompok anak muda tampil bak seorang model.

Lantas, di mana lokasi kegiatan Citayam Fashion Week? Berikut informasinya.

Citayam Fashion Week menjadi perbincangan hangat masyarakat di media sosial. Fenomena menampilkan street fashion dari anak-anak remaja yang berkumpul di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Baru-baru ini, Citayam Fashion Week menjadi viral lantaran adanya kegiatan sekelompok remaja melakukan catwalk di zebra cross Dukuh Atas. Lokasi persis Citayam Fashion Week ini persisnya di dekat Terowongan Kendal yang lokasinya tak jauh dari stasiun MRT Dukuh Atas dan stasiun KRL Sudirman.

Aksi sejumlah ABG ‘SCBD’ yang melenggang di zebra cross tersebut menjadi viral di media sosial. Melalui beberapa video dan foto yang tersebar, mereka melenggak-lenggok di zebra cross layaknya seorang model sedang berjalan di arena catwalk.

Menariknya, sekelompok remaja tersebut berjalan bagaikan model dengan dandanan nyentrik. Nuansa monokrom menjadi ciri khas mereka di kawasan perkotaan tersebut.

citayam fashion week di mana? citayam fashion week adalah kegiatan baru di sudirman, jakarta selatan di mana sekelompok anak muda tampil bak seorang model.Citayam Fashion Week di mana? Citayam Fashion Week adalah kegiatan baru di Sudirman, Jakarta Selatan di mana sekelompok anak muda tampil bak seorang model. (Foto: Mulia Budi/detikcom)

Wajah Dukuh Atas dari Masa ke Masa

Dikutip dari Encylopedia Jakarta Tourism, Dukuh Atas adalah salah satu kawasan perkampungan di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Lokasi kampung ini strategis karena berada di dekat pusat bisnis Ibu Kota Jakarta. Kampung ini berada dekat dengan Jalan Jenderal Sudirman dan Bunderan Hotel Indonesia.

Nama Dukuh Atas sendiri diperkirakan berasal dari nama perkebunan buah duku yang pernah tumbuh di daerah tersebut pada masa lalu. Kata “dukuh” itu berasal dari “duku”, yaitu nama umum untuk sejenis buah-buahan anggota suku meliacea.

Sejak tahun 1960, kawasan Dukuh Atas sudah menjadi kawasan kehidupan malam yang melayani kebutuhan masyarakat menengah ke atas. Di kawasan ini juga terdapat sejumlah bar dan night club.

Dikutip dari laman resmi JakLingko, wajah Dukuh Atas kini telah hadir menjadi kawasan TOD pertama yang dikembangkan dan akan menjelma menjadi area yang memiliki akses transit terbanyak di Jakarta. Lima jenis moda transportasi publik yang terintegrasi di kawasan Dukuh Atas, antara lain:

  • MRT Jakarta
  • BRT Transjakarta,
  • Kereta Bandara,
  • Kereta KRL Commuter Line,
  • LRT Jabodebek

Sejumlah Pejabat Ikut Catwalk di Spot Citayam Fashion Week

Viralnya ABG catwalk di kawasan Dukuh Atas membuat atensi para pejabat publik yang menirunya. Diketahui pada Rabu (20/7/2022) lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil datang ke Dukuh Atas atas undangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meramaikan ruang publik di Jakarta.

Ridwan Kamil datang ke kawasan Dukuh Atas untuk mencoba catwalk di Taman Dukuh Atas yang menjadi tempat Citayam Fashion Week. Tak hanya mencoba catwalk, Ridwan Kamil juga menyampaikan pesan agar warga Jawa Barat menjaga kebersihan dan kenyamanan di Taman Dukuh Atas.

“Pesan untuk anak-anak Citayam/Bojong Gede/Depok: 1. Jaga kebersihan dan jangan nyampah, 2. Jaga ketertiban jangan bikin macet, 3. Pulang kembali ke rumah, jangan menggelandang, 4. Bikin konten yang positif dan kreatif,” tulis RK dalam unggahan Instagram resminya, Rabu (20/7/2022).

Sebelum Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak Wakil Presiden Bank Investasi Eropa Kris Peeters dan Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket untuk catwalk di zebra cross Taman Dukuh Atas. Tempat tersebut merupakan lokasi ‘Citayam Fashion Week’ yang viral dilakukan oleh sekumpulan ABG SCBD.

“Di sela-sela kunjungan tadi, sempat mencoba catwalk ala teman-teman SCBD di Dukuh Atas. Kesimpulannya: kami semua tidak ada yang sekeren mereka, belum pantas naik catwalk,” demikian kesan Anies yang disampaikan melalui Instagramnya, Selasa (19/7/2022).

Demikian jawaban untuk pertanyaan Citayam Fashion Week di mana, lengkap dengan serba-serbi catwalk Citayam Fashion Week yang sedang menjadi trend ABG. Bagaimana menurutmu?

Simak juga video ‘Bentuk Dukungan Tokyo Fashion untuk ‘Citayam Fashion Week”:

[Gambas:Video 20detik]

(kny/imk)