CTPS Berperan Cegah Stunting

ctps berperan cegah stunting

foto a ida cuci tangan pakai sabun
Cuci tangan pakai sabun. IDA/RADARMAS

PURWOKERTO-Cuci Tangan Pakai Sabun terus digalakkan di Banyumas. Salah satunya dilakukan di SD UMP, Selasa (23/10) kemarin. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) massal tersebut juga sebagai salah satu upaya untuk mencegah stunting.

Ketua Panitia sekaligus Kepala Bidang Dikmas Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas Agus Nugroho mengatakan, kampanye CTPS tersebut merupakan kegiatan untuk memperingati hari cuci tangan sedunia. Kegiatan ini atas rekomendasi dari badan kesehatan dunia.

“Rekomendasinya, untuk cuci tangan pakai sabun saat akan melakukan beberapa hal. Sebelum dan sesudah tidur, sebelum dan sesudah buang air, sebelum dan sesudah memegang bayi atau balita,” katanya.

Baca:
DPU Belum Siapkan Jembatan Penyeberangan

Jalur Merah di Google Maps Bisa Lebih Panjang

Balita Pengidap Stunting Tak Dikucuri Dana

Hal tersebut, lanjut dia sebagai salah satu langkah untuk mencegah diare. Pencegahan diare tersebut nantinya juga akan berpengaruh terhadap stunting. Bayi atau balita yang diare, tentunya asupan gizi berkurang. Sehingga rawan stunting.

“Ini juga yang mengakibatkan bayi stunting, kuntet atau kerdil,” ucapnya.

Apalagi di banyumas, ada 10 desa yang masuk dalam intervensi stunting. Sehingga perlu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Selain itu, lanjut dia CTPS ini juga mendukung target pemerintah menuju 100 0 100.

“100 persen air bersih, nol persen lingkungan kumuh dan 100 persen akses sanitasi dasar yang layak,” katanya. (ida)

Sumber: