Curah Hujan Diprediksi Sampai Tengah Tahun

curah hujan diprediksi sampai tengah tahun

PURWOKERTO – Masuk akhir Maret, curah hujan di wilayah Kabupaten Banyumas masih tinggi. Jika dibandingkan sebelumnya, intensitas petir juga mengalami peningkatan. Sehingga kewaspadaan terhadap bahaya petir khususnya pada saat hujan perlu ditingkatkan.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap, tingginya curah hujan di penghujung Maret masih sangat berpotensi disertai dengan petir.

Kepala Kelompok Teknisi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, musim penghujan di wilayah Banyumas diperkirakan masih akan terjadi sampai pertengahan tahun.

“Musim penghujan kemungkinan akan lebih panjang jika melihat intensitas hujan saat ini. Kemungkinan baru bulan Juni nanti ada wilayah yang sudah masuk musim kemarau,” katanya.

Dia mengatakan, curah hujan rata-rata pada bulan Maret masih berkisar antara 300 milimeter sampai 400 milimeter per bulan, terutama di wilayah Banyumas bagian utara. “Potensi terjadinya hujan yang disertai petir masih cukup tinggi. Apalagi saat ini masih banyak masyarakat yang beraktivitas pada saat kondisi hujan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, sifat petir yang selalu mencari lokasi paling tinggi di kawasan yang lapang, sangat perlu diketahui masyarakat. Terutama aktivitas di wilayah persawahan dan area dataran rendah yang rata. (bay/sus)

Sumber: