Damkar Bogor Bongkar Septic Tank Pesantren Demi Evakuasi Ular 2,5 M

Bogor

Santri di Pesantren Al Huda, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, dihebohkan dengan penampakan ular sanca sepanjang 2,5 meter sembunyi dalam septic tank. Tim pemadam kebakaran (damkar) hingga harus membongkar septic tank untuk mengevakuasi ular sanca.

Kasi Penyelamatan dan Pertolongan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Asan, menjelaskan bahwa ular sanca tersebut ditemukan oleh para santri yang sedang bersih-bersih halaman belakang pesantren sekitar pukul 12.00 WIB. Ular sanca kemudian masuk dan bersembunyi dalam septic tank.

“Iya pertama kali ular ditemukan santri yang lagi bersih-bersih halaman belakang pesantren, dia kaget melihat ada ular masuk ke dalam lubang septic tank,” kata Asan kepada wartawan, Kamis (21/7/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tim damkar sektor Leuwiliang yang mendapati laporan, menuju ke lokasi untuk mengevakuasi ular. Keberadaan ular yang sulit terjangkau, membuat tim damkar membongkar septic tank yang sudah tertutup semen.

“Tempat persembunyiannya yang sulit dijangkau, jadi kita harus bongkar septic tank yang sudah dicor. Kedalamannya ya cukup lumayan,” sebut Asan.

Ular sanca sepanjang 2,5 meter itu kemudian dievakuasi setelaj 3,5 jam penanganan. Sejumlah alat-alat damkar dikerahkan untuk mengevakuasi ular.

“Waktu penanganan dari pukul 12.45 WIB sampai 16.30 WIB. Adapun alat yang digunakan untuk menangkap ular itu, satu buah tongkat grab snake stik, kayu, karung, cangkul, linggis, kampak, senter serta lakban. Proses evakuasi berjalan aman, ular sudah dikuasai,” tutupnya.

(rfs/rfs)