Dede Yusuf Sindir Senator Australia Tuding Banyak Kotoran Sapi di Bali

Jakarta

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf merespons tudingan Senator Australia Pauline Hanson yang menyebut kotoran sapi bertebaran di jalanan Bali. Dede Yusuf balik menyindir Pauline.

Dede Yusuf mengungkap bahwa dirinya sering datang ke Bali. Dari berkali-kali kunjungannya ke Bali itu, ia tidak pernah menginjak kotoran sapi di jalanan Bali.

“Berkali-kali saya datang ke Bali sebagai daerah pariwisata unggulan, tidak pernah menginjak kotoran sapi di jalan,” kata Dede Yusuf kepada wartawan, Sabtu (6/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dia menyebut warga Bali sangat ‘tourism minded’ sejak dulu. Jadi, kata dia, warga Bali pasti sangat menjaga kebersihan jalanannya.

“Kecuali kalau yang beliau (Pauline) lihat di areal pesawahan, ya pasti ada (kotoran sapi). Sama seperti di negara-negara lainnya yang mengandalkan alam dan faunanya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dede Yusuf mengatakan tudingan Pauline itu bisa terbantahkan dengan banyaknya pengunjung ke Bali yang terus meningkat setiap tahunnya.

“Tudingan senator tersebut bisa terbantahkan dengan banyaknya pengunjung dari negaranya yang tiap tahun malah makin banyak datang ke Bali. Justru paling dominan dari Australia. Hanya berhenti di saat pandemi saja,” ucap dia.

Tudingan Senator Australia

Senator Australia Pauline Hanson menyinggung kotoran sapi bertebaran di jalanan Bali. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno angkat bicara.

Seperti dilihat detikcom Sabtu (6/8/2022), akun Instagram @sandiuno mengunggah video pidato dari Pauline. Pauline khawatir terhadap penyakit mulut dan kuku hewan ternak yang mewabah di Indonesia.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan Video ‘Heboh Senator Australia Sebut Jalanan Bali Penuh Kotoran Sapi’:

[Gambas:Video 20detik]