Dinilai Monoton, Agenda Wisata Perlu Dikemas Ulang

dinilai monoton, agenda wisata perlu dikemas ulang

agenda wisata perlu dikemas ulang
Salah satu agenda wisata. DOK/RADARMAS

PURWOKERTO-Sejumlah agenda wisata hasil susunan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas dinilai masih monoton dan perlu dikemas ulang agar lebih segar. Sebab, kegiatan unggulan yang digelar sebagian besar masih menggunakan konsep tahun sebelumnya.

”Mulai ada kejenuhan dari masyarakat. Penonton juga hanya menyaksikan atraksi sepintas saja. Ini butuh penyegaran,” kata Pegiat Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS), Imam Basroil kemarin.

Dia mengatakan, konsep yang digunakan masih berkutat pada karnaval jalanan. Bentuk event ini muncul pada agenda peringatan Hari Jadi Banyumas, Banyumas Extravaganza, Festival Kentongan, dan Garebeg Sura Baturraden.

Menurutnya, pengemasan event harus berbeda dari tahun sebelumnya. Tujuannya agar pengunjung tidak merasa bosan. Pemkab Banyumas juga perlu memasukkan anggaran promosi agenda wisata yang sudah disusun. Sebab, selama ini, panitia hanya mengandalkan publikasi konvensional.

”Publikasi lewat media sosial dan media massa saat ini pengaruhnya cukup penting. Komunitasnya perlu dirangkul. Tapi, alokasikan anggaran khusus untuk publikasi,” kata dia.

Ketua Komunitas Fotografer Banyumas, Subarkah Budi Wibowo menyebutkan, tidak hanya pengunjung event, fotografer juga merasa bosan dengan kemasan acara yang monoton. Tapi hal itu tidak berlaku untuk pehobi foto pemula. (hkm)

Sumber: