Distribusi Air 4 Ribu Pelanggan Mati

distribusi air 4 ribu pelanggan mati

PDAM Lakukan Droping Air

PURWOKERTO – PDAM Tirta Satria Purwokerto segera melakukan penanganan pada saluran pipa PDAM yang rusak, akibat jalan ambles di jalur Ajibarang-Wangon beberapa waktu lalu. PDAM akan mengganti saluran dengan pipa besi yang dinilai lebih resisten terhadap tekanan, yang dihasilkan kendaraan-kendaraan berat.

Kabid Hukum dan Humas PDAM Tirta Satria Banyumas Untung Wahyuningrat mengatakan, penanganan saluran air ditargetkan selesai minggu ini. Sehingga minggu depan aliran air ke rumah warga dapat mengalir kembali.

Dari pantauan langsung tim PDAM ke lokasi pasca ambles, menurutnya, amblesnya jalan disebabkan kondisi tanah yang labil karena tidak dapat menahan tonase kendaraan besar yang melintas. Selain itu, di sekitar jalan ada pekerjaan pembangunan talud jalan. Sehingga kondisi tanah memang cukup labil.

“Jadi pipa rusak setelah jalannya ambles. Bukan karena pipa bocor kemudian menyebabkan jalan ambles,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, terkait distribusi air yang terputus khususnya di wilayah Wangon dan Ajibarang, akan terus melakukan droping air khususnya pada pelanggan PDAM. Sampai saat ini, setidaknya 4.000 pelanggan yang aliran airnya terputus karena saluran pipa yang rusak merupakan saluran utama PDAM.

“Penanganan saluran akan dilakukan secepatnya. Rencananya pipa besi akan digeser sedikit di sisi jalan, sehingga dapat mengurangi tekanan yang ada. Selain itu, dengan pergeseran tersebut, diharapkan saluran lebih aman dan tidak terdampak, jika ke depan kembali terjadi jalan ambles di wilayah tersebut,” tegasnya. (bay/sus)

Sumber: