Ditangkap Imigrasi, WN China Bakar Paspor Palsu untuk Hapus Jejak

Jakarta

Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI memproses 2 warga negara asing (WNA) asal China yang memakai paspor Meksiko palsu. Salah satu WN China, Chen Yongtong (34), mengaku membakar paspor palsunya untuk menghilangkan jejak pemeriksaan dari petugas Imigrasi.

“Berdasarkan informasi dan pemeriksaan terhadap Chen Yongtong paspor yang bersangkutan dibakar,” kata Koordinator Penyidikan Keimigrasian pada Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kemenkumham, Hajar Aswad, seperti dilansir Antara, Kamis (25/8/2022).

Chen Yongtong saat ini ditahan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Pusat atas dugaan menggunakan paspor Meksiko palsu untuk masuk ke Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Petugas imigrasi juga tidak menemukan bekas atau sisa paspor yang dibakar WN China itu. Namun, berdasarkan data perlintasan dan sistem keimigrasian, petugas berhasil menemukan dan mencocokkan dengan ID Chen Yongtong yang telah diamankan petugas.

“Secara fisik kami tidak memperoleh dokumen perjalanan yang bersangkutan. Berdasarkan hasil pemeriksaan, paspornya dibakar,” kata Aswad.

Chen Yongtong masuk ke Indonesia pada 16 Januari 2022 menggunakan paspor berkebangsaan Meksiko dengan visa kunjungan wisata untuk bisnis bersama dengan Wu Jinge (36). Keduanya telah diamankan pihak Imigrasi.

Dari penelusuran petugas Imigrasi, keduanya diketahui sengaja masuk ke Indonesia menggunakan paspor palsu dan menjadikan Indonesia sebagai negara transit. Kedua WN China tersebut hendak menuju negara ketiga, Kanada.

“Indonesia sebagai negara transit bagi mereka, kemudian mereka melanjutkan kembali ke negara ketiga, Kanada,” kata dia.

Berdasarkan penjelasan Imigrasi, orang asing yang ingin masuk ke Kanada membutuhkan beberapa cap dari negara-negara lain sehingga tidak bisa langsung masuk, terutama dari Meksiko.

Kedua WN China itu diduga sengaja masuk ke Indonesia dengan paspor palsu agar perjalanannya menuju Kanada bisa berjalan lancar.

Simak video ‘Viral Ratusan WN China Pakai APD di Bandara Soetta, Ini Kata Imigrasi’:

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.